Pasar Rakyat Simpedes di Semarang Hasilkan 36.000 Transaksi Digital Menggunakan QRIS

oleh
Panggung Masak yang ada di Pasar Rakyat Simpedes BRI Semarang 2022 | dok Humas

SEMARANG, MettaNEWS – Pesta Rakyat Simpedes yang digelar Bank BRI selama tiga hari sejak Jumat (19/8/2022) hingga Senin (21/8) di Stadion Diponegoro Semarang, berhasil menyedot 25.000 pengunjung. Pun tercatat ada 36.000 transaksi digital menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard).

Ada enam kegiatan dalam event tersebut, yakni pasar, panggung, pojok X’sis, peduli, pawai dan panen yang mengusung tema Pede Pemimpin Perubahan. Keseluruhannya bermuara pada tujuan mendukung UMKM dan mengedukasi publik untuk literasi digital dan literasi keuangan.

“Ini sesuai harapan pemerintah, agar BRI mendukung masyarakat sampai ke pedesaan untuk cakap digital dalam hal finansial. Contohnya penggunaan QRIS untuk bertransaksi,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, di akhir kegiatan pasar rakyat.

Regional CEO BRI Kanwil Semarang, Handaru Sakti memaparkan, ada sekitar 200 UMKM yang terlibat dalam Pesta Rakyat Simpedes. Melalui event ini, BRI memberikan berbagai bantuan untuk mereka.

Selain bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat, dalam program Pasar Rakyat Simpedes ini dilaksanakan Kelas UMKM, Workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan yang membahas inovasi bisnis, digital marketing, product development, dan membahas investasi bodong.

Selain itu, program Pasar UMKM di pasar rakyat kali ini juga membantu UMKM memperluas pasar, yang mendapat sambutan positif dari peserta.

“Melalui event BRI ini kami sangat terbantu untuk mengembangkan perluasan pasar, bantuan modal UMKM yang pernah saya dapatkan di awal merintis bisnis juga jadi salah satu faktor berkembangnya UMKM kami. Selain itu pelatihan-pelatihan BRI ini bisa bantu UMKM berinovasi,” ujar Aulia Sari, Co-Founder Sina Healty Beverage, salah satu UMKM binaan BRI.

Edukasi Masyarakat melalui QRIS

Perkembangan transaksi digital menuntut inovasi sistem pembayaran yang mudah, QRIS jadi terobosan baru pembayaran yang efektif, efisien, dan diawasi oleh regulator. PRS 2022 memberikan edukasi pada masyarakat untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS dalam setiap transaksi selama tiga hari pergelaran PRS di Semarang, dengan membayar Rp. 1,- melalui scan QRIS BRImo sebagai syarat masuk dan pembayaran QRIS di setiap booth UMKM ini jadi ajang edukasi masyarakat untuk lambat laun meninggalkan sistem cash dalam setiap transaksi.

Kemudahan bertransaksi di gelaran PRS 2022 juga disampaikan oleh salah satu pengunjung, “Penggunaan QRIS BRImo ini bagi saya memudahkan untuk tiap bertransaksi ya, hanya bawa handphone ke sini saya bisa bertransaksi, apalagi masuk sini hanya satu rupiah.  Harga bazar di sini pun terjangkau. Kemudahan ini semoga bisa dimanfaatkan untuk transaksi di luar setelah acara ini selesai,” ujar Hermawan, salah satu pengunjung.

Berbagai macam pertunjukan lokal hingga nasional menjadi salah satu magnet pada acara PRS 2022 di Semarang kali ini. Pertunjukan pawai yang diikuti berbagai komunitas seni meramaikan acara, penampilan artis lokal hingga nasional seperti, Hendra Kumbara, Serempet Gudal, Tasya Rosmala, Nella Kharisma, Nidji, hingga Slank tampil pada acara ini.

Selain itu, program lainnya adalah Panggung Tawa, Panggung Masak, Panggung Ilmu, Panen, Hadiah, Program Peduli, hingga E-sport Competition juga hadir mengisi acara pada tiga hari pergelaran PRS BRI 2022 di Semarang.

Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia.