Mitos dan Fakta Seputar Air Minum: Salah Persepsi Bisa Mengancam Kesehatan

oleh
Ilustrasi/kkl univet

MINUM air tentunya menjadi kebutuhan wajib untuk mendukung kesehatan seseorang. Tetapi masih ada beberapa mitos seputar minum air yang masih salah. Salah satunya minum air es membikin gemuk.

Dikutip  dari instagram @halodoc ada beberapa mitos minum air yang sebaiknya tidak perlu dipercaya. Yang pertama, minum air putih yang mengandung es atau tersimpan di dalam kulkas bisa bikin gemuk. Beberapa orang percaya hal itu karena kandungan kalori di dalam air yang dimasukkan kulkas. Padahal faktanya air yang di dalam kulkas sepanjang tak berwarna atau berasa tak mengandung kalori. “Air dingin yang tidak manis tidak punya kalori, jadi tak bikin gemuk,” ucap ahli.

Yang  kedua adalah mitos air berelektrolit adalah yang terbaik dikonsumsi usai olahraga lantaran efektif mengganti cairan yang hilang. Disebutkan jika pandangan itu tak sepenuhnya benar. “Air berelektrolit hanya dibutuhkan saat berolahraga dalam intensitas berat, misalnya lari marathon,” ujar ahli.

Kemudian mitos yang terakhir adalah minium air lemon lebih baik dilakukan di pag hari. Banyak orang melakukan hal itu untuk membakar kalori dengan kandungan vitamin C di dalam lemon. Namun ternyata, bisa mengancam kesehatan. “Meminum air lemon di pagi hari terlebih saat kondisi perut kosong justru memicu maag,” ujar ahli Halodoc.

No More Posts Available.

No more pages to load.