Mangkal di Venue Muktamar Muhammadiyah, Driver Ojek MU Kecipratan Berkah

Muktamar
Layanan Ojek MU di Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah 48 | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS –

Panitia Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah menciptakan sebuah inovasi dalam bidang transportasi sementara berupa

layanan Ojek MU. Layanan yang memudahkan mobilitas penggembira ini tersebar diseluruh venue Muktamar maupun fasilitas umum hingga Minggu (20/11/2022).

Layanan ini terbagi menjadi beberapa grup yang beranggotakan ratusan driver. Salah satu anggota driver Ojek MU, Abdul Hakim Ansori atau biasa dipanggil Hakim mengatakan dirinya tergabung dalam grup 1 yang terdiri hingga 468 anggota.

“Kami ada di berbagai venue seperti Stadion Manahan, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), De Tjolomadoe juga titik pemberhentian bus Kartasura, Solo Baru, Ponpes Assalam juga,” terang Hakim kepada mettanews.id, Sabtu (19/11/2022).

Layanan ini beroperasi sebelum Muktamar Muhammadiyah dibuka yakni pada Kamis (17/11/2022). Cara pesannya pun mudah dan fleksibel. Di mana para penggembira dapat langsung memesannya tanpa lewat aplikasi alias offline.

“Karena ada yang belum tahu jadi kami menawarkan ke para penggembira. Ojek MU ini terhitung praktis ya untuk para penggembira yang belum bisa mengoperasikan gawai atau pesan layanan lewat aplikasi,” tambahnya.

Dalam waktu kurang dari satu jam, Hakim bisa mendapatkan 2 penumpang di hari pertamanya beroperasi. Ia pun sering berpindah-pindah lokasi mangkal untuk mendapat penumpang lebih banyak. Keberadannya dirasa lebih dikenali. Terlebih ia juga mengenakan rompi bertuliskan Ojek MU. Hakim pun optimis ia akan mendapat rejeki di Muktamar Muhammadiyah ini.

Driver Ojek MU menyediakan fasilitas berupa helm dan jas hujan untuk dipakai penggembira. Adapun tarif layanan ini terhitung ekonomis. Penggembira cukup membayar Rp10.000,- setiap perjalanan hingga 5 km.

Pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah 48 berlangsung pada Sabtu (19/11/2022) pagi di Stadion Manahan Solo. Dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, pada pembukaannya 18 ribu penggembira memadati venue.

Agenda di hari pertama, musyawarah tertinggi Muhammadiyah ini membahas tentang laporan Pemimpin Pusat Muhammadiyah, pemilihan anggota, pembahasan isu strategis keumatan dan program Muhammadiyah tahun 2022 hingga 2027.

Penutupan akan berlangsung pada Minggu (20/11/2022). Direncanakan penutupan ini berlangsung pada 19.30-21.30 WIB di Gedung Ahmad Dahlan UMS. Agenda penetapan Ketua Umum terpilih dan juga Sekretaris Umum menutup gelaran Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.