Mandiri e-Money Bikin Mudah Transaksi di “Teman Bus” 

oleh
oleh
mandiri e money
Foto : dok humas Bank Mandiri Solo

SOLO, Metta NEWS – Bank Mandiri terus memperkuat dukungan pada Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Salah satunya adalah penggunaan kartu prabayar Mandiri e-money untuk pembayaran Tap On Bus pada layanan “Teman Bus” Batik Solo Trans Koridor 5 dan 6 yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Surakarta dan Bupati Sukoharjo hari ini di Solo.

Harapannya, kerjasama ini dapat meningkatkan kemudahan dan minat masyarakat Solo memanfaatkan alat transportasi perkotaan berbasis jalan yang diluncurkan Kementerian Perhubungan itu.

Teman Bus merupakan implementasi program Buy the Service dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika yang andal dan berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi masyarakat berbasis pembayaran non tunai.

Tujuan utama Teman Bus adalah memberikan transportasi ekonomis, mudah, andal dan nyaman bagi masyarakat.

Menurut SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Pusat Thomas Wahyudi, inisiatif kerjasama ini merupakan realisasi visi Bank Mandiri menjadi mitra keuangan terpilih utama yang berbasis pada keunggulan layanan digital perbankan.

“Prinsipnya, kami ingin mempermudah masyarakat yang ingin naik Bus, tanpa harus menyiapkan uang tunai untuk pembayaran. Inisiatif ini sangat strategis karena kartu berlogo mandiri e-money cukup mudah diperoleh dan mudah di top up,” kata Thomas dalam keterangan resminya, Kamis (30/12).

Ditemui di lokasi acara, Area Head Bank Mandiri Solo Ony Suryono Widodo mengatakan, sejak tahun 2020 Bank Mandiri  telah support pembayaran Tap On Bus pada layanan “Teman Bus”di Solo, diwaktu yang akan datang tidak menutup kemungkinan diimplementasikan di enam kabupaten di Soloraya. 

“Salah satu benefit yang ditawarkan melalui fungsi e-Money yakni sebagai alat pembayaran non-tunai sehingga transaksi menjadi lebih mudah dan praktis, tidak perlu membawa uang tunai dan direpotkan oleh uang kembalian dan untuk pengisiannya dapat top up dengan mudah menggunakan Livin, mobile apps Bank Mandiri yang dapat didownload melalui Playstore dan Appstore,” terang Ony. 

Ony mengatakan. saat ini Mandiri e-money juga telah memiliki ekosistem pengguna dan merchant yang sangat luas. 

“Sehingga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemegang kartu dan dapat dengan mudah didapatkan di toko terdekat, toko online dan agen mandiri yang ada di sekitar halte dan terminal,” tutur Ony.

Saat ini Mandiri e-Money telah dapat digunakan untuk pembayaran Tol; pembayaran parkir, pembayaran transportasi seperti Commuter Line, MRT, LRT, Transjakarta, Trans Jogja, Batik Solo Trans, Tap On Bus, Bis Kita, Teman Bus; pembayaran di SPBU, belanja di toko retail seperti Indomaret, Alfamart dan toko lainnya, wahana hiburan dan restoran lainnya.