Lokananta Reload Menuju Kebangkitan Perusahaan Rekaman Tanah Air

Gubernur Ganjar dan Walikota Gibran melihat koleksi kaset di museum Lokananta, Kamis (14/7/2022) | Metta NEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Gelaran Lokananta Reload yang akan dilaksanakan pada Minggu 27 November 2022 disambut baik oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Lewat akun Twitter @gibran_tweet, Putra Sulung Presiden RI ini membuat cuitan pada Selasa (22/11/2022) itu mengajak masyarakat Solo menyaksikan agenda akhir pekan tersebut.

“Lokananta Reload jadi sebuah perayaan tanda mulai kembali bergemanya musik di Studio Lokananta. Mari menjadi saksi kebangkitan kembali perusahaan rekaman pertama milik negara ini dengan datang langsung ke acara Lokananta Reload pada Minggu, 27 November 2022,” cuit Gibran.

Gelaran ini menjadi pertanda bahwa studio musik tertua di Indonesia ini akan segera memiliki wajah baru. Namanya pun ditambah dengan “Lokananta Reborn”. Revitalisasinya juga telah dimulai pada Agustus 2022 ini.

Menuju Lokananta Reborn

Revitalisasi Lokananta didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyasar beberapa titik aset milik Perum Percetakan Negara RI (Perum PNRI) itu dengan menggandeng Grup Danareksa-PPA.

Sebelum direvitalisasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sempat berkunjung ke Lokananta pada Juli 2022.

Nama Lokananta juga tetap dipertahankan, sesuai gagasan Raden Maladi, yang berarti gamelan dari khayangan bersuara merdu.

“Intinya Lokananta Reborn, tadi disampaikan pembangunan fisiknya.

Fungsinya juga ditambah kemudian harapannya menjadi destinasi wisata yang baru, mudah-mudahan keren,” kata Ganjar Pranowo, saat Kamis (14/7/2022).

Ganjar mengatakan, dirinya dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, merevitalisasi ini sebagai bentuk menghidupkan pusat kreatif yang berbasis seni.

Meski berubah nama menjadi Lokananta Reborn, namun revitalisasi ini tidak mengubah fungsi aslinya yang menjadi studio musik sejak berdiri pada 29 Oktober 1956, karena bangunan tersebut telah menjadi situs cagar budaya.

Ganjar menyebut Lokananta Reborn tak hanya sebagai museum dan studio musik, tapi sekaligus bisa menjadi sekolah musik. Nantinya setiap ruang dan lahan yang ada di Studio Lokananta akan dimaksimalkan.

“Sehingga kalau ada orang konser ya dia suruh nyumbanglah pengalamannya, apakah bukunya, apakah rekamannya, dan orang bisa belajar sejarah musik dari sini lebih banyak,” kata dia.