Livin Super Apps, Mandiri Optimis Jadi Bank Digital Terdepan

oleh
oleh
Livin Mandiri
Mini media gathering Bank Mandiri Solo, Jumat (3/12) | Foto : Metta NEWS - Puspita

SOLO, Metta NEWS – Pada peringatan HUT Bank Mandiri ke 23 tahun yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, Bank Mandiri melakukan lompatan dengan mencanangkan corporate target sebagai bank yang menjadi ‘Mitra Finansial Utama Anda’. 

Pada kegiatan mini media gathering bertema Mandiri Digital – Livin’ & Kopra by Mandiri di UKM Center Bank Mandiri, Jumat (3/12),  Area Head Bank Mandiri Solo, Ony Suryono Widodo memaparkan pandemi mengajarkan banyak perubahan dan posisi sebuah bank tidak hanya sekedar menjadi bank tempat menyimpan uang (menabung) namun harus mempunyai peran yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh Leonardus Sri Pamungkas, Area Transaction Funding Manager. Hadir pula Moch. Fachih Alfian, nasabah pengguna Livin’ by Mandiri dan Andi Kusuma, nasabah pengguna Kopra by Mandiri.

“Kami ada untuk memberikan advice, masukan terkait kebutuhan finansial pada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu tiga langkah utama yang kami jalankan adalah menjadi bank yang memberikan konsentrasi lebih di corporate & wholesale, mendorong UMKM tumbuh lebih cepat dan menjadi bank digital ritel nomor 1 di Indonesia,” papar Ony dihadapan awak media. 

Menjawab kebutuhan masyarakat yang meminta semua layanan bisa dilakukan dengan cepat, Bank Mandiri juga bertransformasi menjadi bank dengan layanan digital terdepan dengan produk andalan yakni Livin, Kopra dan Smart Brand. 

“Dalam era yang serba digital, tentunya seluruh bisnis juga harus mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan. Hal ini lah yang menjadi alasan Bank Mandiri secara aktif terus mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan peran teknologi di depan untuk memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat,” kata Ony. 

Ony menjelaskan Super App Livin’ By Mandiri (berlogo kuning) menghadirkan customer experience selayaknya layanan Cabang dalam genggaman, serta Wholesale Digital Super Platform KOPRA by Mandiri untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi layanan wholesale banking.

“Kehadiran Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri membawa Bank Mandiri menjadi salah satu bank dengan layanan perbankan digital terdepan di Tanah Air. Ini akan sangat mendukung perseroan sebagai perusahaan BUMN dalam merealisasikan visi menjadi partner finansial utama pilihan nasabah dengan layanan digital perbankan yang simpel dan handal,” ujarnya. 

Menurut Ony, kehadiran kedua produk perbankan digital tersebut menjadi andalan Bank Mandiri dalam merealisasikan dukungan pada pencapaian agenda Inklusi Finansial dan Literasi Keuangan karena sifat kedua produk yang nirkantor. 

“Faktanya, saat ini lebih dari 95% transaksi nasabah Bank Mandiri dilakukan secara online daripada di kantor cabang,” katanya.

Tercatat, hingga Oktober 2021, super app Livin’ by Mandiri telah digunakan oleh lebih dari 1 juta nasabah di Jawa Tengah dan Yogyakarta, meningkat 50% secara yoy, dengan nilai transaksi sebesar Rp 109,82 Triliun  sepanjang bulan Januari – Oktober 2021. Jumlah pengguna ini diyakini akan terus bertambah seiring banyaknya benefit yang ditawarkan Livin’ by Mandiri.

“Super app Livin’ by Mandiri, lanjutnya, kini semakin terhubung dengan ekosistem digital. Hasilnya, transaksi sehari-hari seperti belanja, top up e-wallet, transaksi e-commerce. Selain itu, Livin’ by Mandiri berlogo kuning juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu serta layanan kirim uang tanpa membutuhkan rekening bank,” terang Ony. 

Selain Livin, Kopra Mandiri juga memberi kemudahan bagi nasabah. Lebih lanjut Ony menjelaskan, Kopra by Mandiri merupakan layanan yang dapat menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. 

“Kedua layanan digital ini mampu memberikan solusi perbankan digital yang komprehensif, baik bagi nasabah ritel maupun bisnis korporasi, melalui pemanfaatan infrastruktur digital Bank Mandiri yang saling terkoneksi dengan ekosistem bisnis digital,” pungkas Ony.