Lestarikan Nilai Juang,DHC 45 Gelar Sarasehan Bersama Pelajar di Solo

oleh
Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bersama pengurus MettaCare Sumartono Hadinoto dan President Lions Club Solo Bengawan Alan Koeshendro bersama sejumlah veteran pejuang kemerdekaan | MettaNews/Ari Kristyono

SOLO, MettaNEWS – Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kota Solo berkomitment melestarikan nilai-nilai perjuangan yang dimiliki bangsa Indonesia sejak merebut dan menegakkan kemerdekaan.

“Para pelaku perjuangan merebut kemerdekaan satu persatu sudah banyak yang wafat. Namun yang menegakkan dan mengisi tak kan pernah habis. Kewajiban kita semua untuk menyebarkan semangat ini terus menerus ke generasi baru,” tutur Baskoro, Ketua DHC 45 Solo.

Selasa (24/10/2023) pagi, DHC 45 bersama Pemkot, Kodim Lion Solo Bengawan, serta MettaCare menggelar sarasehan untuk pelajar. Tak kurang dari 70 pelajar SMA/SMK hadir sebagai peserta sarasehan. Sebagai pembicara, Rektor Universitas Slamet Riyadi Prof Dr Sutoyo MPd, serta Kapten Kudri dari Kodim 0735/Surakarta.

Di sela-sela sarasehan, President Lions Club Solo Bengawan, Alan Darmasaputra Koeshendro juga menyerahkan paket tali asih untuk sejumlah veteran. Tak ketinggalan Komisaris Utama MettaCare, Sumartono Hadinoto juga mendukung acara dengan menyerahkan sejumlah doorprize.

Dalam sarasehan, Prof Sutoyo memaparkan mahalnya harga kemerdekaan dan kedaulatan negara yang harus dijaga oleh setiap warga Indonesia. Yang dihadapi setiap generasi tak pernah berubah menjadi ringan, meski wujud dan tantangannya berubah mengikuti situasi zaman.

“Ini yang harus kita jaga bersama, tetap harus memiliki semangat juang. Kami di Unisri bahkan mewajibkan mulai tahun ini setiap mahasiswa mengikuti kuliah 1 SKS tentang Keslametriyadian. Ini supaya lulusan Unisri nantinya mewarisi semangat juang Slamet Riyadi yang namanya kami jadikan institusi pendidikan,” tuturnya.