Jalak Towo dan Ubi Ungu, Tema Utama Super Chef Battle Alana, Angkat Kuliner Lokal ke Dunia

Super Chef Batlle
Super Chef Battle #2 The Alana Hotel Solo | Foto : Metta NEWS - Puspita

SOLO, Metta NEWS – Setelah sukses dengan Super Chef Battle pertama di tahun 2016 yang lalu, kini The Alana Hotel & Convention Solo menghadirkan kembali keriuhan sejumlah chef hotel yang bernaung di bawah Archipelago International yang berkompetisi untuk menghasilkan masakan yang bermutu dan bercita rasa tinggi. 

Sebanyak 18 Executive Chef bertarung memberikan segenap daya dan upaya mereka dalam gelaran kuliner terbesar di Solo Raya bertajuk Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2. Kreatifitas mereka juga diadu untuk menghasilkan makanan dengan dengan bahan masakan yang dirahasiakan sebelumnya di dalam black box

“Hari ini, seluruh tamu penikmat kuliner dari berbagai penjuru menjadi saksi dari perhelatan chef terbesar di Solo Raya. Mereka dapat mencicipi hidangan dari 18 Executive Chef Archipelago tersebut yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Tidak hanya itu, Kami juga menyediakan menu special buffet dengan lebih dari 200 makanan,” terang General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo Sistho A. SRESHTHO, pada Gala Dinner Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2, Sabtu (22/01/2022).

Masuk dalam rangkaian Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2, The Alana Hotel & Convention Center Solo juga melangsungkan program CSR yakni Cooking Class bagi siswa-siswi SMK serta pengusaha kuliner di Karanganyar. Dalam pelaksanaannya, masing-masing mendapatkan pembekalan untuk memasak appetizer, soup, main course, dan dessert yang akan disampaikan langsung oleh 4 Executive Chef peserta Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2. Adapun makanan yang dibuat juga menggunakan bahan-bahan lokal khas Karanganyar.

“Tanggal 22 Januari menjadi puncak dari Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 untuk mengumumkan juara I, II, III, Favorite Food, dan Favorite Chef. Masing-masing mendapatkan vandel dari The Alana Hotel & Convention Center Solo dan piala dari Bupati Karanganyar,” terang Sistho.

Corporate Executive Chef Archipelago, Chef Denny Frederick menuturkan Archipelago Food Festival merupakan sebuah gagasan nyata untuk mengangkat potensi makanan lokal di berbagai daerah di Indonesia. Archipelago Food Festival juga telah sukses diselenggarakan di beberapa kota lain seperti Gresik, Batu, Jogja, dan saat ini di Kota Solo.

Chef Denny menjelaskan, pada pertarungan kreativitas 18 Chef ini diuji dengan bahan rahasia di dalam black box. Black blox yang berisi bahan dasar makanan yang diolah oleh masing-masing Executive Chef merupakan bagian daging sapi berbeda-beda. Seperti diketahui, masing-masing bagian memerlukan treatment khusus dan spesifik untuk mendapatkan rasa yang lezat dan tekstur terbaiknya. Disitulah kepiawaian seorang chef diuji dalam kompetisi tersebut.

“Sistem Black box yang diberlakukan pada Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 ini membuktikan bahwa kami memiliki Executive Chef yang profesional. Mereka diwajibkan memasak bahan yang tidak diketahui sebelumnya dan memikirkan menu yang akan disajikan hanya dalam waktu 3 menit,” ungkap Chef Denny.

Tidak hanya bahan daging, salah satu yang juga menjadi point utama adalah The Alana Hotel & Convention Center Solo juga mewajibkan masing-masing peserta untuk mengolah makanan dengan bahan dasar singkong jalak towo dan ubi ungu yang mana keduanya merupakan bahan pangan lokal khas Kabupaten Karanganyar dan hal ini juga sejalan dengan visi misi Archipelago untuk mengangkat dan mempromosikan produk lokal.

Sari Kusumaningrum, Director of Corporate Communications and PR Archipelago menambahkan masakan hasil kreasi dari pemenang para Chef ini akan dimasukan dalam buku menu di hotel jaringan Archipelago. 

“Nama-nama menu seperti Lawu, Cemoro Kandang, Colomadu akan ada dalam buku menu kita di seluruh Indonesia. Lewat menu-menu ini untuk mengangkat dan mengenalkan potensi pariwisata di Karanganyar dan Solo Raya pada masyarakat Indonesia,” ungkap Sari saat memberikan sambutan pada Gala Dinner tersebut.  

Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 terdiri dalam dua rangkaian acara besar yakni pada tanggal 21 dan 22 Januari 2022. Pada 21 Januari, seluruh Chef datang dan melakukan registrasi bersama dengan pimpinan Archipelago untuk bersiap melakukan Press Conference yang dilanjutkan dengan atraksi menarik Plating Competition khusus untuk awak media yang memperebutkan Piala Komandan Kodim 0727/Karanganyar.

Dalam perhelatan Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 ini, The Alana Hotel & Convention Center Solo membuka 150 tiket yang telah sukses terjual habis. Jumlah tersebut sangat jauh berkurang dari total kapasitas yang Arcadia Ballroom miliki yakni 1000 tamu mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Selain itu, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam perhelatan akbar tersebut.

Bupati Karanganyar Juliyatmono yang hadir dalam perhelatan akbar tersebut menambahkan Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 menjadi salah satu sarana untuk mengangkat potensi lokal. 

“The Alana Hotel selalu mengangkat pariwisata di Karanganyar dan sekitarnya untuk mensuport Pemda. Kami terbuka luas untuk mengembangkan kreativitas, investasi akan kami bantu. Ini untuk segera menumbuhkan ekonomi di wilayah kita ini. Karena kodrat kita sulit menghindari kerumunan. Karena filosofi kita mangan ora mangan asal nglumpuk,” papar Juliyatmono. 

Dalam gelaran Archipelago Food Festival Super Chef Battle #2 tersebut, Chef Firmansyah dari Neo Hotel Malioboro Yogyakarta dinobatkan sebagai Juara I, Chef Suherman dari Fave Hotel Sidoarjo sebagai juara II, dan Chef Komang dari Aston Denpasar Hotel & Convention Center sebagai juara III. Sedangkan untuk Favorit Dish berhasil diraih oleh Chef Agus dari Aston Solo Hotel dan Favorit Chef diraih oleh Chef Haris Zestya W. dari Aston Samarinda Hotel & Convention Center.