Jajak Pendapat Solo Raya Polling, Teguh Prakosa, Kaesang dan Mangkunegara X Potensi Jadi Wali Kota Solo

oleh
oleh

SOLO, Metta NEWS – Lembaga survei Solo Raya Polling mengeluarkan hasil jajak pendapat calon wali kota dan wakil wali kota Solo 2024.

Jajak pendapat Solo Raya Polling menyasar 640 responden dari 54 kelurahan.

Dari 12 nama tokoh yang masuk salam jejak pendapat muncul 3 nama yang berpotensi besar jadi wali kota Solo.

Peneliti dari lembaga survei Solo Raya Polling, Suwardi, menjelaskan 3 nama tersebut yakni Teguh Prakosa, KGPAA Mangkunegara X dan Kaesang Pangarep.

“Indikator popularitas bakal calon, untuk Kaesang sebesar 92.9 persen, Teguh Prakosa 92.7 persen dan Mamgkunegara X sebesar 78.5 persen,” jelas Suwardi pada pemaparan hasil jajak pendapat pada wartawan, Selasa (26/3/2024).

Sementara untuk 8 nama lain yakni Sekar Tanjung, Rheo, Budi Prasetyo, Astrid Widayani, RA Yashinta, H.M Mashuri, Sugeng Riyanto, Budi Murtono, Hersuprabu berpotensi sebagai wakil wali kota.

Solo Raya Polling juga mencatat aspirasi posisi calon pemimpin yang diinginkan oleh responden.

“Nama Teguh Prakosa menempati posisi teratas sebagai bakal calon wali kota. Dengan perolehan polling 35.30 persen. Mangkunegara X posisi kedua dengan 25.30 persen. Dan Kaesang di posisi ketiga dengan 12.30 persen.

Sementara untuk posisi wakil wali kota, Teguh Prakosa 7.50 persen, Mangkunegara X 20.60 persen dan Kaesang 14.10 persen.

“Dari hasil ini bisa kami simulasikan dua pasangan Pilwakot Solo. Mangkunegara X (calon wali kota) dengan Sekar Tanjung (caeawali). Keduanya diusung oleh Gerindra, Goklar, PSI dan PAN. Dengan pasangan Teguh Prakosa dan H.M Mashuri sebagai rivalnya. Dengan partai pendukung PDI dan PKB. Atau paslon Mangkunegara X dan Sekar Tanjung melawan Teguh Prakosa dan Sugeng Riyanto dengan partai pengusung PDIP dan PKS,” papar Suwardi.

Solo Raya Polling juga membuat simulasi untuk satu pasangan pilwakot Solo. Antara Mangkunegara X berpasangan dengan Teguh Prakosa atau Kaesang Pangarep dengan Teguh Prakosa.

“Sebetulnya kalau mau rekonsiliasi antara Pucangsawit dan Sumber menggabungkan Kaesang Pangarep dan Teguh Prakosa akan jadi calon tunggal. Calon lainnya mungkin akan mundur,” pungkasnya.