Hari Ketiga Masa Nataru, Pengguna KAI Commuter Tembus 66 Ribu Lebih

oleh
oleh

YOGYAKARTA, MettaNEWS – Hari ketiga Masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 – 2025 KAI Commuter melayani 66 ribu lebih penumpang.

Masa Nataru ditetapkan mulai hari Kamis tanggal 19 Desember 2024 sampai dengan 5 Januari 2025. KAI Commuter sebagai operator Commuter Line siap menyukseskan agenda angkutan Nataru tahun ini. Sejumlah persiapan-persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya pengguna jasa di sejumlah stasiun, baik dari segi operasional, sarana hingga fasilitas layanan pengguna.

VP Corporate Secretary KAI Commuter. Joni Martinus menyampaikan dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo hingga 21 Desember ini diangka 61.116 orang. Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo dengan jumlah pengguna sampai 21 Desember 2024 ini sudah diangka 5.536 orang.

“Dengan volume pengguna paling banyak di stasiun Tugu Yogyakarta sebanyak 18.616 orang pengguna sedangkan untuk stasiun dengan pengguna terendah adalah Stasiun Wojo dengan Jumlah 1.074 orang”, tambah Joni.

Selama angkutan Nataru ini, jumlah perjalanan Commuter Line Yogya-Solo sebanyak 30 perjalanan setiap harinya sedangkan untuk Commuter Line Prameks sebanyak 8 perjalanan dari dan menuju Kutuoarjo.

Dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2024-2025, KAI Commuter menyiagakan petugas. Seperti Security Stasiun dan Security diatas KA, Rescue, petugas Passenger Service (PS) dan Announcer akan membantu dan mengarahkan para pengguna.

“Dan kami telah menyediakan faslitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet dan musholla serta videotron sebagai informasi layanan”, tutur Joni.

Saat ini Stasiun Tugu Yogyakarta sedang dalam penataan ulang dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada seluruh penggunanya.

KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line dan Commuter Line Lokal Prameks utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan.

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line dan Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

“Pengguna dihimbau untuk tidak berlari-lari pada saat akan menuju kereta, karena akan membahayakan diri sendiri, jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan baik di stasiun atau pun di dalam Commuter Line”, pungkas Joni.