Dukung Solo Jadi Kota Kuliner, Kelurahan Kepatihan Wetan Launching Kampung Kuliner Ngarso Patih

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Mendukung Solo sebagai kota kuliner, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres melaunching Kampung Kuliner Ngarso Kepatihan Serubanget, Jumat (11/8/2023).

Kampung Kuliner Ngarso Patih di gagas oleh Lurah Kepatihan Wetan, Sutrisno, S.Sn. Dalam menjalankan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V Tahun  2023 yg di selenggarakan oleh BKPSDM Kota surakarta.

Inspirasi gagasan ini untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat dan pelaku UMKM pasca pandemi Covid-19.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meresmikan Kuliner Ngarso Patih Seru.Banget (sehat, rukun, bahagia, ngestoaken dawuh) bersama beberapa stake holder seperti Kepala Kejaksaan Negeri Solo, Camat Jebres dan para lurah.

Menandai peresmian kampung kuliner Kepatihan Wetan, Wawali Teguh memukul kentongan, menerbangkan burung dara dan memotong tumpeng.

Mewakili masyarakat, Lurah Kepatihan Wetan Sutrisno S.Sn menyampaikan terima kasih pada segenap stake holder dan tamu undangan yang hadir. Untuk mendukung keberlangsungan kuliner Ngarso Patih.

“Kampung kuliner Ngarso Patih ini merupakan cita-cita masyarakat yang terealisasi. Dari ini kami implementasikan semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan. Dan memberi dampak positid pada masyarakat Kepatihan Wetan khususnya dan masyarakat Solo. Sekaligus mendukung Solo sebagai kota kuliner,” ungkapnya.

Usai melaunching Kampung Kuliner Ngarso Patih, Wawali Teguh mengatakan kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara stakeholder yang ada di Kepatihan Wetan. Seperti Kejaksaan Negeri, SMK N 8, pelaku usaha UMKM, LPMK, tokoh masyarakat dan warga.

“Kami berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat. Sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Surakarta sebagai kota destinasi wisata kuliner,” ujar Teguh.

Teguh juga meminta masyarakat untuk mendukung selain menjadi pembeli juga memberikan masukan pada UMKM setempat yang berjualan.

“Ini bukanya setiap Jumat, Sabtu, Minggu. Sudah pas biar tidak ada kejenuhan. Minggu bisa buka agak siang dan tutupnya jangan terlalu malam,” kata Teguh.

Kelurahan lain bisa menduplikasi Kuliner Ngarso Patih Kepatihan Wetan

Teguh menyebut Pemerintah Kota selalu mendukung ide-ide lurah dan stakeholder yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dan nanti kalau mereka sudah jualan ya dilarisi. Kita harus komitmen untuk membeli. Nanti silahkan dikritik diberi masukan. Jangan kalau tidak enak terus pindah ke tempat lain. Kita beri masukan supaya mereka bisa membenahi dan akhirnya jadi laris,” tegas Wawali Teguh.

Teguh juga menyampaikan, lurah-lurah lain di Jebres bisa menduplikasi Kuliner Ngarso Patih ini.

“Yang jalan depan kelurahan ada lokasinya bisa memanfaatkan untuk kuliner ini. Kecamatan Banjarsari sudah jalan ini. Jebres segera menyusul. Seperti jalan depan kejaksaan ini, longgar dan kita manfaatkan untuk bersama,” tandas Teguh.

Kuliner Ngarso Patih menampung sekira 30 an UMKM asli dari warga Kepatihan Wetan. Berbagai jajanan menarik hasil kreasi warga bisa membayar kerinduan pecinta kuliner.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga menyambut baik hadirnya Kuliner Ngarso Patih.

“Kuliner Ngarso Patih menjadi wujud bangkitnya UMKM masyarakat warga Kepatihan Wetan. Perlu kita dukung untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Demi kesejahteraan bersama,” tutur Wali Kota Gibran.

Mulai dari penyetan, wedangan, selat solo, pepes, nasi bakar, es cocol coklat hingga dimsum dan jajanan bebakaran bisa kita nikmati dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat Kota Solo ataupun wisatawan bisa menikmati jajanan jadul dan enak di Kuliner Ngarso Patih. Buka setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Mulai pukul 17.00 WIB hingga selesai.