Dua Rumah di Purwodadi Terbakar, Uang Rp 10 Juta dan Emas 50 Gram Turut Hangus

oleh
73 Anggota Damkar Solo Lulus ujian Diklat
Ilustrasi kebakaran | Damkar Solo

GROBOGAN, MettaNEWS – Musibah kebakaran menimpa dua rumah milik dua warga yang masih bertalian darah di di Dusun Menjanganan, Desa Putat Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Minggu (17/9/2023) siang. Sejumlah benda berharga termasuk emas dan uang tunai ikut musnah.

Seperti dilansir Humas Polda Jateng, rumah itu milik Ngari (92) dan anaknya, Kusni (53).  Dalam kejadian itu, tidak ditemukan adanya korban jiwa, namun taksiran kerugian materi yang mencapai Rp 120 juta.

Kapolsek Purwodadi AKP Dedy Setyanto menjelaskan, kebakaran Minggu siang pukul 12.00 itu diketahui oleh warga sedikit terlambat. Saksi Jasmin (55) saat itu melihat api sudah melalap bagian belakang rumah milik Ngari.

Baca juga: Polisi Kerahkan 7 Unit Water Canon Padamkan Kebakaran di TPA Putri Cempo Solo

“Melihat rumah tetangganya terbakar, Jasmin berlari dan berusaha membuka pintu gerbang rumah bersama dengan warga lainnya.  Warga yang berdatangan, kemudian berusaha memadamkan api tersebut dengan peralatan seadanya,” terang Dedy.

Rumah Ngari, seperti kebanyakan rumah di dusun tersebut, terbuat dari papan kayu. Dengan cepat, api melalap bangunan berbentuk limasan yang saat itu dalam kondisi kosong.

Baca juga: Kebakaran di Museum Nasional Padam, Tutup Sementara untuk Pemulihan

Tak berapa lama, api membesar dan akhirnya menyambar rumah Kusni yang terletak di bagian belakang.

‘’Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena korsleting arus listik. Selain bangunan rumah dan perabotan rumah tangga, juga ada sejumlah surat dan barang berharga ikut terbakat. Di antaranya surat letter D, perhiasan emas seberat 50 gram berupa kalung, gelang dan cincin. Serta uang tunai Rp 10juta,’’ ungkap Dedy Setyanto.