SOLO, MettaNEWS – Fokus pada upaya untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah serta menarik potensi nasabah baru yang berkualitas di berbagai daerah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menghadirkan customer experience yang positif di setiap layanan.
Upaya tersebut antara lain dengan konsisten menerapkan budaya kerja yang selalu mengutamakan nasabah (customer centricity). Serta mengoptimalkan keandalan produk dan kapabilitas layanan. Sehingga dapat menjawab kebutuhan nasabah yang terus berkembang, termasuk di Solo.
Hal tersebut disampaikan Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi dalam acara Buka Bersama dan Silaturahmi Media dengan CIMB Niaga di Solo, Rabu, (27/3/2024).
Turut hadir dalam acara ini Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik dan Presiden Direktur CIMB Niaga Auto Finance/CNAF Ristiawan Suherman.
Noviady menjelaskan, customer experience menjadi bagian penting CIMB Niaga. Untuk memperkuat pertumbuhan bisnis di masa depan, termasuk di segmen Consumer Banking.
“Karena itu, CIMB Niaga mengelola customer experience dengan mengembangkan percepatan proses layanan. Juga meningkatkan kemudahan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi pada semua kanal perbankan yang tersedia,” jelas Noviady
Noviady menuturkan pada segmen Consumer Banking, CIMB Niaga terus berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada nasabah. Dalam memenuhi kebutuhan perbankan dengan produk dan layanan yang unggul.
“Mulai dari menabung, bertransaksi, meminjam dana sesuai kebutuhan, hingga membeli proteksi dan berinvestasi sesuai profil risiko masing-masing nasabah dapat dilakukan dengan mudah baik secara offline di kantor cabang maupun melalui kanal digital,” terang Noviady.
Noviady mengungkapkan, sebagai wujud nyata dukungan nyata kepada masyarakat Solo yang merupakan salah satu pusat perdagangan dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah, selama 2023 CIMB Niaga aktif menghadirkan berbagai inisiatif. Untuk meningkatkan customer experience dan literasi pengelolaan keuangan, investasi, dan bisnis. Hal itu antara lain dilakukan melalui signature event Wealth Xpo sebagai apresiasi untuk nasabah CIMB Preferred, Wealth Xpo on Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai ajang edukasi investasi bagi mahasiswa. Serta event nasional Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang memberikan edukasi bisnis untuk para pengusaha dan calon pengusaha UKM.
“Selain untuk meningkatkan literasi, kegiatan-kegiatan tersebut juga menjadi wadah bagi CIMB Niaga. Memberikan pengalaman perbankan yang berkesan secara langsung kepada masyarakat sehingga lebih mengenal CIMB Niaga. Kami akan terus menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk nasabah dan masyarakat di Solo, sejalan dengan fokus kami yang akan mengoptimalkan pertumbuhan bisnis di kota-kota di luar Jakarta,” tandas Noviady.
Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik turut menyampaikan, Kota Solo adalah market yang penting buat CIMB Niaga.
“Market share kita ada di level rata-rata 10% ya. Dan ini di atas rata-rata CIMB Niaga nasional. Mungkin memang luar biasa support dari masyarakat Jawa Tengah,” imbuh Andiko Manik.
Andiko menuturkan, Solo juga menjadi salah satu fokus kita. Pertumbuhan DPK (dana pihak ketiga) untuk Solo tumbuh 20 persen. Juga beberapa kali kita adakan acara pembinaan UMKM di Solo. Tentunya juga ke depan kita akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa lebih meningkatkan layanan kita buat nasabah di kota Solo,” bebernya.
Sesuai aspirasi untuk menjadi Bank of Wealth, salah satu fokus CIMB Niaga adalah mendukung masyarakat untuk berani berinvestasi.
Kemudahan dari CIMB Niaga adalah dapat melakukan dengan penempatan dana terjangkau mulai dari Rp10 ribu (most affordable). CIMB Niaga menyediakan layanan wealth management yang unggul dengan pilihan produk investasi yang lengkap (most complete). Mencakup 72 pilihan produk reksa dana dan lebih dari 200 pilihan obligasi pemerintah dan perusahaan, serta instrumen investasi lainnya. Selain itu, layanan CIMB Niaga juga didukung powerful wealth platform melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Sehingga makin memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi (most accessible).
Beragam inovasi dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga di segmen Consumer Banking tersebut, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga. Pada tahun 2023, CIMB Niaga memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun, naik sebesar 27,0% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.
Selain fokus dalam meraih pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga juga berpartisipasi aktif dan berkontribusi terhadap pemberdayaan lingkungan dan sosial.
Pada bulan Ramadan ini di Solo, CIMB Niaga berbagi sembako dengan masyarakat. Khususnya anak yatim dan para penyandang disabilitas (tunanetra) yang tergabung dalam Yayasan Solusi Kita, Difabel Berdaya, melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar Peduli.
Terbaru, CIMB Niaga berkolaborasi dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) untuk mengatasi masalah gizi buruk dan mencegah stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam program ini, CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli. Selain bersama UNICEF, sebelumnya CIMB Niaga melalui CIMB Niaga Syariah juga telah mencanangkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Kompas Gramedia Group.