SOLO, Metta NEWS – Geliat kreativitas dalam ekonomi dan pariwisata merupakan sinergi yang tidak dapat dipisahkan. Pariwisata sebagai daya tarik massa, harus didukung dengan keunggulan produk lokal sebagai salah satu objek ekonominya. Pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata membutuhkan ruang atau wadah sebagai tempat penggalian ide, berkarya, sekaligus aktualisasi diri dari ide-ide kreatif tersebut.
Menggabungkan berbagai ruh ini menjadi satu festival merupakan sebuah inovasi dalam membentuk strategi pasar kreasi. Dikemas dengan berbagai hiasan seni, pesona ekonomi kreatif dan pariwisata ini akan tampil menjadi sebuah ajang perayaan yang bergengsi.
Menilik pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, menurut Creative Director of Creavest, Naim Rizal mengatakan, Creavest sebagai festival ruang kreatif dapat menghimpun seluruh pelaku ekraf dan pariwisata menjadi sebuah kolaborasi yang inovatif.
“Tampil melalui panggung virtual, Creavest mampu menembus batas ruang dan waktu yang aktual. Tahun ini Creavest akan digelar secara hybrid dengan tajuk CREAVEST 2.0 – SOLO KREATIF FESTIVAL 2021,” tutur Naim pada jumpa pers di Solia Hotel Laweyan, Kamis (19/11).
Naim menyebut, CREAVEST 2.0 membawa tema Local Youth Creative and Culture Fusion merupakan paduan kehebatan pelaku kreatif muda Indonesia.
“Sebuah apresiasi terhadap hasil kreasi inovatif yang kekinian dan tetap berbudaya. Memadukan semangat muda, ide segar, dan budaya setempat, spirit ini akan membawa nyawa baru tersendiri bagi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” jelas Naim.
Mengangkat prestasi kreatif pemuda lokal, kali ini CREAVEST 2.0 “SOLO KREATIF FESTIVAL 2021” berkolaborasi dengan Viens Boys sebagai Icon of Creavest 2.0.
Viens Boys merupakan sekumpulan pemuda asli Solo yang telah bijak dan kreatif menggunakan media sosial.
“Kemampuan mereka sebagai konten kreator memberikan dampak yang hebat dan luas bagi eksistensi ke-sepuluh pemuda ini. Berjuta-juta pengikut dan penggemar mereka di seluruh Indonesia membuat Viens Boys menjadi sebuah aset berharga dalam ajang promosi daerah,” terang Naim.
Viens Boys telah banyak berkolaborasi dengan kreator tanah air seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Ivan Gunawan, Ruben Onsu, dan lain sebagainya. Selain itu Viens Boys juga sering tampil dalam berbagai acara baik di media online maupun televisi nasional.
“Sehingga Viens Boys dirasa mampu menjadi sosok representatif yang menggambarkan wajah anak muda kreatif di Kota Solo,” ujarnya.
Gelaran CREAVEST 2.0 akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021, pukul 15.00 – 21.00 WIB secara luring di Studio Lokananta Solo dan secara daring di youtube CREAVEST dan Gibran TV.
“Pemilihan lokasi festival di Lokananta merupakan salah satu usaha dalam mendukung harapan pemerintah untuk menjadikan Lokananta sebagai ruang kreatif baru di Kota Surakarta,” urai Naim.
Naim mengungkapkan CREAVEST 2.0 akan menggelar rangkaian kegiatan Creative Talkshow bersama beberapa pelaku industri kreatif Kota Surakarta, Virtual Shopping UMKM Kota Surakarta, Virtual Tour Kampung Wisata Baluwarti dan Kuliner Pasar Gede bersama Viens Boys, dan ditutup dengan Live Art Performance dari 10 komunitas dan sanggar seni kreatif Kota Solo.
“Talkshow kreatif bagaimana UMKM dan pelaku kreatif bisa struggling di masa pandemi ini,” tandasnya.