Cerita Kakek di Solo Temukan Segepok Uang, Pilih Menyimpan dan Setia Menunggu Sang Pemilik Datang

oleh
uang
Widodo (62) kakek di Kota Solo temukan segepok uang senilai jutaan rupiah di Jalan HOS Cokroaminoto, Jagalan, Solo, Rabu (5/7/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Kakek di Kota Solo dibuat terkejut dengan penemuan segepok uang di dalam kantong plastik transparan di Jalan HOS Cokrominoto, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres pada Selasa (4/7/2023) sore.  Ia adalah Widodo.

Ditemui di kediamannya RT 3 RW 11 Jagalan, pria sepuh berusia 62 tahun itu menceritakan awal mula ia menemukan segepok uang tersebut. Dikatakannya uang tersebut terlindas kendaraan yang lewat begitu saja sebelum akhirnya ia mengamankannya.

“Nemunya di tengah jalan. Saya ambil saya viralkan sama tetangga kanan kiri warung yang ramai saya kasih tahu. Nanti kalau ada yang kehilangan uang bisa mneghubungi saya ke rumah, soalnya uangnya banyak,” ujarnya kepada MettaNEWS, Rabu (5/7/2023).

Untuk menghindari adanya orang yang mengaku pemilik segepok uang tersebut, Widodo berinisiatif menghitung berapa jumlah nominalnya. Dengan begitu apabila ada yang merasa kehilangan, nominal ini dapat Widodo gunakan sebagai kunci utama.

“Waktu itu saya buka terus saya hitung tapi nggak saya umumin berapa nominalnya. Pas saya simpan di lemari rumah itu jadi ada perasaan was-was kalau hilang suruh minta ganti kan susah,” terangnya.

Tak ingin mengambil yang bukan haknya, Widodo kemudian mengamankan segepok uang tersebut di dalam lemari. Sembari menunggu sang pemilik, Widodo membuat pengumuman ke warga sekitar apabila ada yang kehilangan uang dapat menghubunginya.

Widodo Posting Penemuan Segepok Uang di Media Sosial hingga Banyak Dihubungi Orang

Widodo juga berinisiatif memposting penemuan segepok uang berisikan pecahan ribuan hingga puluhan ribu itu di sosial media Instagram dan Facebook dengan mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.

“Nggak saya gunakan soalnya bukan haknya kita itu, lebih baik nunggu sampai yang punya datang. Kenapa nggak dipakai ya karena takut ke depannya nanti kalau gimana-gimana. Risiko di dunia senang tapi kalau di akhirat gimana,” ujar Widodo.

Setelah pengumunan itu, Widodo mengaku banyak dihubungi nomor yang tidak dikenal dan mengaku-ngaku sebagai pemilik segepok uang itu.

“Banyak yang ngaku-ngaku uangnya Rp 13 juta, padahal nggak segitu. Ada yang nyuruh uangnya dititipin ke kantor polisi, saya posting di ICS (Info Cegatan Solo-red),” terangnya.

Hingga malam tiba, akhirnya Widodo mengetahui pemilik segepok uang itu. tak lain ia adalah Nina, tetangganya di satu RT yang sama.

“Nggak tahunya yang punya warung terus diambil semalam jam 8 malam, nemunya jam 4 sore. Jam 8 malam yang punya ambil namanya Nina warga sini juga,” katanya.

“Percaya karena keluarganya pada berantem uang bisa hilang terus saya kasih apalagi juga keluarga, misal kalau ada yang ngaku kehilangan benar-benar ya nanti tinggal diminta uangnya , satu RT tetangga,” imbuhnya.

Dengan ditemukannya sang pemilik segepok uang, Widodo mengaku senang dan bersyukur.