
JAKARTA, MettaNEWS – Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk terus meningkatkan layanan digital dalam layanan produknya. Dalam program jaringan gas komersial dan rumah tangga, PGN menyediakan channel pendaftaran online melalui laman pgas.id atau PGN Mobile. Guna mempermudah pendaftaran berlangganan GasKita yang saat ini sedang gencar di Kota Yoyakarta, Kabupaten Sleman, dan Tangerang Selatan. Pembangunan di wilayah Yogyakarta menarget sebanyak 12.900 Sambungan Rumah (SR). Sedangkan di Tangerang Selatan ditargetkan sebanyak 36.000 SR.
“Masyarakat bisa mendaftar berlangganan jargas di Kota Jogja dan Sleman. Dengan pendaftaran online, calon pelanggan dapat mendaftar kapan pun dan di mana pun. Pada laman pendaftaran GasKita, calon pelanggan tinggal mengisi data alamat rumah yang akan berlangganan jargas. Beberapa data juga kami butuhkan di antaranya penggunaan listrik, bahan bakar yang sebelumnya dalam satu bulan, dan peralatan gas yang ada,” jelas General Manager SOR III PGN Edi Armawiria, (2/3/2023).
Selanjutnya, calon pelanggan wajib mengisi nama sesuai dengan kartu identitas, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, serta alamat email. PGN akan melakukan verisikasi dan evaluasi data yang telah input, kemudian PGN akan melakukan pembangunan infrastruktur gas bumi ke lokasi calon pelanggan.
“PGN beradaptasi cepat dengan kemajuan teknologi yang ada. Seperti saat ini, digitalisasi cukup masif dan cocok dalam layanan jargas rumah tangga PGN. Apalagi PGN tengah melakukan ekspansi pembangunan di wilayah Tangerang Selatan pendaftaran secara online ini akan lebih efisien dan praktis. Kami berharap juga dapat membantu PGN mempercepat pencapaian target pembangunan,” imbuh General Manager SOR II PGN, Sonny Rahmawan Abdi.
“Dengan GasKita, utamanya kami menawarkan layanan energi yang praktis, modern, aman, dan suplai gas tersedia 24 jam. Menggunakan jargas juga tidak perlu menggunakan peralatan memasak yang baru, setelah kompor konversi ke jargas. Nilai lebih dari gas bumi memberikan kenyamanan dalam menggunakan gas rumah tangga selalu tercukupi,” lanjut Sonny.
Berlangganan Gaskita, Dapatkan Asuransi Kebakaran
PGN juga memberikan gratis instalasi pipa sampai dengan kompor maksimal 15 meter, gratis konversi kompor maksimal 2 (dua) tungku), gratis 1 kali inspeksi dan peralatan pipa, serta asuransi kebakaran.
“Untuk pembayaran pemakaian gas, jargas rumah tangga membayar sebulan sekali sesuai dengan jumlah pemakaian. Tagihan pembayaran gas disampaikan melalui email atau SMS. Kemudian pembayaran dengan nomor ID Pelanggan bisa melalui berbagai channel. Seperti ATM Bank, e-commerce Tokopedia, Sophee, blibli, Gopay, LinkAja, Dana, payment point online Bank, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, dan Pegadaian,” jelas Edi.
PGN sebagai Subholding Gas Pertamina terus menjaga komitmen dalam perluasan jargas di berbagai daerah. Sebagaimana yang telah tercantum dalam roadmap program prioritas Subholding Gas di tahun 2023 menuju target 4 juta SR pada tahun 2024. Selain sebagai utilisasi energi domestik, gas bumi untuk rumah tangga juga berkotribusi dalam penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, serta membantu menurunkan impor dan subsidi energi.