Berkunjung ke Yakentuntra, Komandan Kodim Bawa Oleh-oleh Beras

oleh
Yaketuntra
Komandan Kodim 0735/Surakartas, Letkil Inf Devi Kristiono, didampingi Ketua Yayasan Yaketuntra Sumartono Hadinoto, beramah-tamah dengan penyandang tunanetra, Jumat (15/10/2021) | dok Yaketuntra

SOLO, MettaNEWS – Warga Yakekuntra (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra) Solo berbahagia dikunjungi Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Devi Kristiono, Jumat (15/10/2021). Dandim berkunjung dan menyampaikan sejumlah beras untuk warga Yaketuntra yang berjumlah 102 orang.

“Kami senang menyambut kedatangan Pak Devi yang bermaksud menyampaikan bantuan. Ini bukan pertama kalinya Kodim membantu kami. Setahun lalu, gedung Yaketuntra ini dicat sehingga menjadi bersih dan indah,” tutur Ketua Yaketuntra, Sumartono Hadinoto di sekretariat Jalan Wonosaren RT 04 RW 08 Jagalan, Solo.

Sumartono kepada Letkol Devi yang belum lama menjabat Komandan Kodim memaparkan, Yaketuntra hadir mewadahi penyandang tunanetra di Kota Solo dan sekitarnya. Kegiatan utama yayasan nirlaba ini adalah untuk menjadikan kaum tunanetra menjadi mandiri.

“Yang patut disyukuri, sekarang ini sudah jarang penyandang tunanetra dari generasi muda. Mungkin karena kualitas kesehatan Indonesia sudah lebih baik, sehingga jumlah penderita tunanetra berkurang drastis,” ungkapnya.

Untuk menjadikan warganya mandiri, Yaketuntra membekali mereka dengan sejumlah pelatihan keterampilan. Pelatihan yang sudah disampaikan, di ataranya pijat, kesenian, karawitan, solo keyboard, keroncong dan band.

“Ternyata daya serap mereka untuk beragam pelatihan ini luar biasa. Tuhan memberikan kelebihan, selain kekurangan yang menyertai mereka. Jadi, saat ini kepada segenap lapisan masyarakat, kami minta diberikan kesempatan. Berilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan warga kami ini, sehingga bisa mandiri dan tidak menjadi beban siapa pun,” pungkas Sumartono.

Devi Kristiono, dalam sambutan singkatnya berharap, sedikit tali asih bisa membantu warga Yaketuntra.

“Kiranya hubungan baik TNI, khususnya jajaran Kodim 0735/Surakarta dengan saudara-saudara di Yaketuntra ini dapat selalu berjalan baik. Sebagai sesama anak bangsa bisa bersama memberikan kontribusi kepada Kota Solo dan negara kita Republik Indonesia,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.