Bawaslu Surakarta Gelar Tes Tertulis Calon Anggota Panwaslu Kecamatan, 5 Peserta Tidak Hadir

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Sebanyak 107 pendaftar Calon Anggota Panwaslu Kecamatan se-Surakarta hari ini mengikuti tes tertulis di Lab Komputer SMA Batik Jalan Slamet Riyadi Laweyan Surakarta.

Tes dilaksanakan dalam dua sesi mulai pukul 08.00 sampai 09.30 WIB untuk sesi pertama. Sementara untuk peserta sesi kedua yakni pukul 10.00 sampai 11.30 WIB.

Peserta mengerjakan naskah soal yang diujikan dengan metode Socrative dengan waktu 90 menit yang berupa pilihan ganda.

Ketua Bawaslu Kota Surakarta Budi Wahyono, pasca kegiatan tes menyebutkan bahwa sedianya tes tersebut dihadiri 112 peserta yang telah lolos seleksi administrasi.

Namun sebanyak 5 peserta calon anggota Panwaslu kecamatan diketahui tidak hadir mengikuti tes tertulis.

“Tes Socrative ini kita gelar sesuai arahan dan petunjuk dari Bawaslu Provinsi Jawa tengah yakni secara online. Untuk kelancaran dalam pelaksanaan maka kita bagi dalam dua sesi,” terang Budi.

Pelaksanaan tes pagi ini berjalan lancar tanpa adanya gangguan jaringan internet maupun listrik.

Budi menyebutkan nantinya dari 107 orang tersebut akan diambil 6 rangking per kecamatan dengan nilai tertinggi untuk mengikuti tes wawancara.

“Artinya akan ada 30 orang peserta se-Surakarta yang akan mengikuti tes wawancara yang akan digelar pada beberapa waktu kedepan. Seleksi wawancara sepenuhnya akan dilaksanakan oleh 5 Komisioner Bawaslu Kota Surakarta untuk mengetahui kecakapan dalam pelaksanaan tugas dan wewenang beserta tanggung jawabnya dalam kepengawasan,” ujar Budi.

Ia menyebutkan Panwaslu terpilih nantinya akan dilantik pada akhir Oktober ini untuk memulai tugas pengawasan pada tahapan terdekat pemilu 2024, terutama verifikasi faktual partai politik.