Dengan sistem pendidikan yang diakui secara global, Inggris Raya memang telah menjadi sorotan dunia pendidikan internasional. Sebuah fakta yang menarik adalah bagaimana universitas-universitas prestisius di Inggris, termasuk Cambridge dan Oxford, menorehkan reputasi
akademisnya yang fenomenal. Tidak hanya itu, dampak penelitian yang mereka hasilkan telah melampaui batas-batas akademis, mengantarkan gelar-gelar dari institusi ini mendapatkan penghormatan tinggi dari para pemberi kerja di berbagai penjuru dunia.
Keunggulan pendidikan di Inggris bukan hanya terletak pada reputasi universitasnya saja. Pendekatan pengajaran di Inggris yang dikenal inovatif telah membawa standar pendidikan di berbagai bidang studi ke
tingkat yang lebih tinggi. Sistem pendidikan ini tidak hanya fokus pada transfer ilmu pengetahuan semata, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan kritis dan kreativitas para siswanya.
Menjadikannya pilihan menarik bagi pelajar dari seluruh dunia.
Secara keseluruhan, apa yang membuat sistem pendidikan di Inggris Raya benar-benar menonjol adalah kombinasi antara
kualitas pendidikannya yang tinggi, peluang yang beragam, serta pengakuan internasional yang luas. Ini semua membentuk sebuah ekosistem pendidikan yang tidak hanya mengedepankan
pengetahuan, tetapi juga keberagaman, inovasi, dan kesiapan menghadapi tantangan global.
Di balik gemerlapnya sistem pendidikan di Inggris Raya, terdapat struktur kurikulum yang cermat dan terorganisir dengan baik. Kurikulum nasional yang menjadi inti dari sistem pendidikan ini dirancang untuk menetapkan standar yang tinggi di setiap mata pelajaran. Memastikan bahwa
setiap siswa mencapai potensi penuh mereka. Dari sekolah dasar hingga menengah, siswa di Inggris menjalani pendidikan yang tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga meliputi aspek
penting lainnya. Seperti pendidikan hubungan, seks, kesehatan, dan agama.
Uniknya, kurikulum ini dibagi menjadi beberapa tahap utama, dengan evaluasi formal di akhir setiap tahap sebagai cara untuk mengukur kemajuan dan prestasi siswa. Ini memberikan gambaran yang jelas tentang perkembangan belajar siswa sepanjang perjalanan pendidikan mereka.
Lebih jauh lagi, di Inggris, sekolah seperti akademi dan sekolah swasta diberi keleluasaan untuk menyesuaikan kurikulum nasional sesuai kebutuhan mereka. Namun, mereka tetap
diwajibkan untuk mengajarkan kurikulum yang luas dan seimbang, memastikan bahwa setiap aspek penting dari pendidikan tercakup.
Sistem pendidikan di Inggris terus berinovasi dan berkembang. Hal ini mencakup penelitian yang berfokus pada kinerja sistem pendidikan lokal dan bagaimana tingkat otonomi berbagai lembaga pendidikan mempengaruhi kinerja tersebut. Pemeriksaan terhadap perubahan peran sekolah, otoritas lokal, dan pemimpin pendidikan, serta tantangan yang mereka hadapi, menjadi bagian penting dari proses inovasi ini. Sistem pendidikan di Inggris dirancang tidak hanya untuk mengedepankan pengetahuan akademis, tetapi juga untuk mengembangkan karakter dan keterampilan siswa agar mereka siap menghadapi tantangan di masa depan. Ini adalah kombinasi dari kurikulum yang kuat, fleksibilitas dalam pengajaran, dan fokus terus-menerus pada inovasi
dan peningkatan kualitas, yang menjadikan sistem pendidikan di Inggris Raya sebagai salah satu yang terbaik di dunia.
Membuka jendela pandangan pada perbandingan sistem pendidikan antara Inggris Raya dan Indonesia, kita menjumpai sebuah kanvas pendidikan yang berwarna-warni dan penuh nuansa. Di satu sisi, Inggris Raya, yang pendidikannya diatur oleh Department for Education dan Department for Business, Innovation and Skills, membawa angin segar dengan pendekatan yang menekankan pada tanggung jawab individu siswa. Di sana, siswa diajak untuk mendalami keahlian spesialis, sebuah perjalanan yang memupuk pemikiran mendalam dan analitis.
Sementara itu, Indonesia, dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai nahkoda, mengarungi samudra pendidikan dengan nuansa yang berbeda. Sistem pendidikan di Indonesia membangun fondasi yang kuat pada pembelajaran moral dan kewarganegaraan,
menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai dan keberagaman. Kurikulumnya yang luas, yang mencakup 14-16 mata pelajaran per tahun, merupakan bukti dari upaya mempersiapkan generasi muda yang berwawasan luas.
Di Indonesia, perjalanan pendidikan dasar berlangsung selama 12 tahun yang penting,
membentuk fondasi keilmuan dan karakter bagi siswa sejak usia dini. Sebaliknya, di Inggris, sistem pendidikan dibagi ke dalam ‘key stages’ yang berfokus pada tahapan perkembangan usia siswa. Memperkenankan fleksibilitas dan adaptasi dengan kebutuhan dan kemampuan individu.
Namun, setiap sistem memiliki ruang untuk pertumbuhan dan perbaikan. Indonesia, misalnya, menghadapi tantangan dalam menyelaraskan kurikulumnya dengan kebutuhan pasar kerja yang dinamis serta variabilitas kualitas lembaga pendidikan tingginya. Sementara itu, Inggris terus
berupaya untuk memperkaya dan mengadaptasi kurikulumnya agar lebih inklusif dan merespons kebutuhan global yang berubah.
Kedua sistem ini, dengan kekuatan dan tantangannya, menawarkan pelajaran berharga tentang bagaimana pendidikan dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan konteks sosial budaya masing-masing negara.
Dalam perbandingan ini, kita belajar bahwa pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang memahami dan merangkul keberagaman dunia.
Mengintip ke dalam kelas-kelas di Inggris, kita menemukan kunci sukses yang bisa diadopsi oleh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasionalnya.
Berikut adalah lima pelajaran penting dari Inggris yang bisa menjadi inspirasi:
1. Dialog dan Partisipasi yang Dinamis: Di Inggris, ruang kelas berubah menjadi arena diskusi yang hidup. Siswa diundang untuk menyuarakan pikiran mereka, berpartisipasi aktif, dan merenungkan materi pelajaran. Indonesia bisa menerapkan metode ini untuk membangun rasa percaya diri dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.
2. Penilaian yang Mendalam: Sistem penilaian di Inggris lebih dari sekadar menguji kemampuan menghafal; ia mengeksplorasi pemahaman mendalam dan penerapan pengetahuan. Indonesia dapat memetik manfaat besar dengan mengadopsi model penilaian yang menekankan pada pemahaman konseptual, bukan hanya retensi informasi.
3. Profesionalisme Guru yang Tinggi : Inggris menetapkan standar tinggi untuk kualifikasi dan pengembangan profesional guru. Dengan mengadopsi pendekatan serupa, Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui pelatihan dan pengembangan berkelanjutan bagi para pendidiknya.
4. Pendidikan yang Inklusif dan Beragam : Sistem pendidikan di Inggris menawarkan berbagai jalur pembelajaran, dari akademik hingga vokasional, untuk memenuhi kebutuhan dan minat yang beragam. Indonesia dapat mengambil inspirasi dari pendekatan inklusif ini untuk menyediakan beragam pilihan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswanya.
5. Teknologi sebagai Pendukung Pembelajaran : Di Inggris, teknologi bukan hanya alat, tetapi partner dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi, Indonesia dapat membuat materi pelajaran lebih interaktif dan menarik, sekaligus membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan.
Dengan mengadopsi strategi-strategi tersebut, Indonesia dapat membuka jalan bagi generasi muda yang siap menghadapi tantangan global dengan kepercayaan diri dan keterampilan yang relevan.
Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berwawasan luas.
Referensi
Department for Education. (2014). The evolving education system in England. GOV.UK. Diakses pada 5 Januari 2024, dari https://www.gov.uk/government/publications/the-evolving-educationsystem-in-england
Focusedu.org. (2022). 10 Reasons Why UK is Among the Top Education Destinations in the World?
Diakses dari Focusedu.org.
British Council. (n.d.). Why study in the UK. Diakses dari Study UK – British Council
Public Hub. (n.d.). The UK’s education system: How does it compare to other countries? Diakses dari Public Hub Wise. (2017, August 29). The Indonesian education system: An overview. Diakses dari Wise
WENR. (n.d.). Education in Indonesia. Diakses dari WENR
IMAJI Nation. (2020, August 16). Indonesian and UK Education Systems. Diakses dari IMAJI Nation
National Center for Education Statistics. (2015). Comparative Indicators of Education in the United States and Other G-20 Countries: 2015-The Education System in Indonesia. Diakses dari NCES
Asrijmegita. (n.d.). COMPARE THE EDUCATION SYSTEM BETWEEN INDONESIA AND UK. Diakses
dari Asrijmegita
Artikel ini ditulis oleh :
Dwi Putri Ramadhani
(Mahasiswa Doktor
Program Studi S3 Ilmu pendidikan FKIP UNS)