Animo Berkurban Meningkat, Jumlah Hewan Kurban Masjid Al Fitroh Solo Naik 

oleh

SOLO, MettaNEWS – Animo masyarakat Muhammadiyah Solo untuk berkurban meningkat dalam perayaan hari raya Idul Adha 2023 yang telah berlangsung Rabu (28/6/2023).

Ketua Panitia Kurban Al-Fitroh Tekat Wahyudi mengungkapkan keinginan berkurban warga wilayah Solo meningkat dibanding Idul Adha Tahun 2022 Lalu.

Tekat mengungkapkan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2023 ini, kurban hewan sapi meningkat.

“Lebih meningkatkan karena tahun kemarin hanya 6 sapi. Target kita dari tahun-tahun sebelumnya memang 6 ekor sapi namun tahun ini kami dapat 8 sapi. Kalau untuk Kambing kita standar sekitar 20-21 ekor,” Ungkap Tekat (28/6/2023).

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini, Tekat mengaku telah mendapatkan pengecekan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Solo.

“Dari pengecekan Dinas tidak mendapatkan temuan penyakit dari hewan kurban. Tadi saya juga ikut memeriksa hati dari sapi kurban,” imbuh Tekat.

Selain itu Tekat mengungkapkan hewan Kurban Masjid Al-Fitroh ini berasal dari kerjasama dengan Peternak besar.

“Yang betul-betul berpengalaman dan besar. Jadi untuk kualitas memiliki data-data lengkap, ini sebagai pertanggungjawaban kepada warga yang berkurban jadi kita berikan pelayanan yang terbaik,” jelasnya.

Selanjutnya, Hewan-hewan kurban ini akan panitia bagi kepada masyarakat sekitar masjid Al-Fitroh. Pembagian akan panitia lakukan secara door to door agar mengurangi kerumunan

“Setiap RT ada Korlapnya yang membagikan, kita ngitungnya per-KK. Mau dari perantauan asal sudah terdata oleh RT pasti dapat. Ini kami berdomisili di Kampung Tapen (Jl. Popda, Nusukan, Banjarsari) ada 2 RW dan 8 RT,” jelas Tekat.

“Kita bagi per kantong plastik komplit. Total 1,5 kg lengkap daging sapi 6-7 ons daging, kambing, jerohan dan tulang. Seandainya nanti ada sisa biasanya kita berkejasama denga lembaga kemasyarakatan untuk membagikan dengan jangkauan luas,” tutupnya.