Abah Lala Featuring Woro Widowati, Ribuan Santri Berjoget Ria di Pembukaan Pospenas IX

Pospenas
Abah Lala dan Woro Widowati tampil di pembukaan Pospenas IX, Rabu (23/11/2022) di Stadion Manahan Solo | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Abah Lala dan Woro Widowati berhasil mengajak santri yang hadir dalam pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX bergoyang. Ribuan santri itu tampak menikmati alunan lagu Jawa yang dibawakan kedua penyanyi kondang itu.

Gema lirik lagu Aja Dibandingke hingga Klebus bergemuruh di setiap sisi Stadion Manahan Solo pada Rabu (23/11/2022) malam. Penyanyi asal Boyolali itu mengawali penampilannya dengan lagu Aja Dibandingke.

Di sesi kedua penampilannya Abah Lala membawakan lagu almarhum Didi Kempot, Tanjug Emas Ninggal Janji. Terakhir ia membawakan lagu Teteg Ati. Disepanjang alunan lagu ribuan santri ikut bernyanyi bersama.

Penyanyi yang terkenal dengan senggakan Cendol Dawet itu mengajak para santri bersorak. Ribuan santri pun terbawa suasana. Mereka nampak asyik berjoget bersama.

Penampilan Woro Widowati juga tak kalah asiknya. Penyanyi asal Kabupaten Magelang itu membawakan lagu berjudul Klebus, Teteg Ati, dan Ninu Ninu. Akhir acara, keduanya duet membawakan lagu Pamer Bojo.

Acara Pospenas IX dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dalam ajang olahraga ke-9 ini terdapat 4 ribu santri dari 34 provinsi yang ikut serta menjadi atlet. Di keesokan harinya mereka akan bertanding di 12 cabang kompetisi.

Adapun cabang kompetisi ini yakni sepakbola, tenis meja, tolak peluru, atletik yang meliputi lompat jauh, lari tunggal dan estafet putra putri. Sedangkan untuk cabang seni yakni film pendek, stand up comedy, hadrah, pidato bahasa Arab, pidato Bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris, kaligrafi dan pencak silat seni. Pospenas IX berlangsung dua hari, Kamis hingga Jumat, 24-25 November 2022.