255 Mahasiswa Ramaikan Jambore Nasional Bela Negara di UPN Veteran Yogyakarta

oleh
Proses penyematan tanda pengenal oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (kedua dari kanan) kepada perwakilan peserta sebagai tanda telah dibukanya kegiatan Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara 2023, Jumat (29/9/2023) sore. | Humas UPNVY

YOGYAKARTA, MettaNEWS –  Sebanyak 255 orang mahasiswa dan 22 orang pendamping dari 20 perguruan tinggi di Indonesia menghadiri kegiatan Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara 2023 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK), 29 September-1 Oktober 2023.

Kegiatan yang dibuka dengan upacara ini diharapkan dapat pengalaman berharga, membawa inspirasi, dan menambah kecintaan kita terhadap bangsa dan negara.

Ketua panitia kegiatan, Hari Kusuma Satria Negara dalam laporannya saat upacara pembukaan Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara, Jumat (29/9/2021) sore mengatakan 20 perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kegiatan ini berasal dari tujuh provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta.

“Tema kegiatan bela negara ini mengajak mehasiswa untuk mengambil peran aktif dalam menjaga dan memperkuat kedaulatan dan ketahanan bangsa,” ujar dia di hadapan peserta upacara.

Dalam sambutannya Rektor UPNYK, M Irhas Effendi mengungkapkan melalui pemahaman mendalam, partisipasi aktif, dan kolaborasi lintas disiplin para peserta diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya menjaga keamanan dan stabilitas negara, serta menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul. “Kepada seluruh peserta, saya ingin mengingatkan bahwa Jambore bukan hanya soal kompetisi, melainkan juga manifesti nyata dari semangat patriotism dan tanggung jawab sosial yang tinggi,” paparnya.

Terpisah peserta dari Universitas Hasyim Ash’ari Jombang, Zendi berharap kegiatan berjalan lancar.

“Persiapannya sudah matang dari sebulan lalu…fokus utama kami ada pada kegiatan gala dinner terutama di kostum budaya dan yel yel,” terang dia.

Peserta lain, Nur Fatihah dari STIKES Surya Global Yogyakarta mengatakan sudah latihan untuk mempersiapkan kegiatan ini sejak sepekan terakhir. Pihaknya mengaku lebih fokus pada lomba pertolongan pertama mengingat timnya berasal dari kampus bidang kesehatan.

Intan Kusumawati, pendamping tim Universitas Cokroaminoto berharap menjadi pemicu untuk mahasiswa bisa melaksanakan kerja sama tim serta disiplin diri.

“Kami mengapresiasi UPNYK atas gelar kegiatan ini karena dengan adanya kegiatans eperti ini menambah pengetahuan meningkatkan ketrampilan dan meningkatrkan nilai karakter khususnya untuk mahasiswa kami yang menajdi peserta,” kata dia.

Sekadar diketahui Jambore Nasional Bela Negara 2023 diisi dengan perlombaan pawai harmoni ragam budaya, kegawat daruratan, tali temali, rapling, baris berbaris, dan kreasi tradisi nusantara (membatik). Selain perlombaan juga terdapat kegiatan renungan malam dan aksi mahasiswa bela negara Jaga Bumi.