30 Tahun Berkarya, Ternyata Konser Dewa 19 Pertama Kali Digelar di Solo

oleh

SOLO, MettaNEWS – Kota Solo rupanya jadi kenangan manis dan bersejarah bagi perjalanan grup musik Dewa 19. Band ini dirintis pada 1992 silam. Itu artinya 30 tahun sudah Dewa 19 malang melintang di blantika musik Tanah Air.

Di balik perjalanannya itu, sang pendiri, Ahmad Dhani membagikan kisah menarik dari Dewa 19. Pasalnya Solo merupakan kota yang spesial. Sebab dari Solo lah konser Dewa 19 pertama kalinya diadakan.

“Jadi pantia yang pertama kali ngundang Dewa 19 itu Solo. Dewa kan rilisnya Oktober 1992 untuk lagu Kangen, langsung ada EO (Event Organizer-red) yang ngontrak Dewa 19 Desember 1992, makanya Solo jadi sangat spesial,” ujar Ahmad Dhani.

Di tahun ini, Dewa 19 menggelar Tour 30 Tahun Berkarya ke berbagai kota di Indonesia termasuk Solo. Untuk Solo, konser ini digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada  Sabtu (26/11/2022).

Solo rupanya juga menjadi kota ke-19 yang  menjadi tuan rumah perhelatan konser musik legendaris ini.

“Saya selalu larut dengan kerinduan yang ada di Solo. Makanya banyak kenangan bersama Ari Lasso, kenangan yang layak diceritakan sampai yang nggak layak dan memalukan juga banyak,” kelakar suami Mulan Jameela itu.

Dalam konser tersebut empat vokalis beken Dewa 19 seperti Ari Lasso, Ello, Virzha dan Once Mekel dan drummer Tyo Nugros membuat mata penonton selalu tertuju ke panggung. Total ada 35 tembang andalan Dewa 19 yang dibawakan.

Sebut saja Bukan Siti Nurbaya, Restu Boemi, Still Im Sure We’ll Love Again, Cinta Mati Sudah Aspirasi Putih, Tak Akan Ada Cinta yang Lain yang dinyanyikan Ello, Juliet, Pangeran Cinta oleh Virzha dan Ahmad Dhani.

Kemudian Kita Sedang Tidak Becinta Lagi, Larut dinyanyikan Virzha, Cinta Kau dan Dia yang dibawakan Ahmad Dhani, Hadapi dengan Senyuman duet Ahmad Dhani dan Virzha.

Selanjutnya ada Angin yang kembali dinayikan secara duet oleh Virzha dan Ahmad Dhani. Kemudian ada Mulan Jamela yang membawa tiga lagu yakni Wonder Women, Risalah Hati dan Makhluk Tuhan Paling Seksi.

Setelahnya ada penyanyi asal Solo, Nisa Ku tampil membawakan lagu Satu yang Tak Bisa Lepas. Dua Sejoli, Pupus, Aku Cemburu, Perempuan Paling Cantik di Indonesia, Dewi, Sayap Sayap Patah dan Hidup Adalah Perjuangan yang dinyanyikan Once.

Daftar lagu lainnya yakni Aku Sedang Ingin Bercinta yang dinyanyikan duet antara Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Arjuna Mencari Cinta Once, Tak Ada yang Lain. Ari Lasso muncul sebagai kloter terkahir dengan membawakan lagu Roman Picisan, Cintakan Membawamu dan Elang.

Kemudian Aku Milikmu, Kirana, Kangen, Kamulah Satu Satunya dan Separuh Nafas yang dinyanyikan oleh keempatnya secara bersama-sama yakni Once, Ello, Ari Lasso dan Vierzha. Konser ini dimulai pukul 19.30 WIB dan berkahir pada 23.30 WIB.