3 Atlet Para Bulu Tangkis Indonesia Dinobatkan Pemain Terbaik BWF 2023

oleh
atlet
Leani Ratri Oktila (kiri), Rina Marlina (tengah) dan Hikmat Ramdani (kanan) meraih predikat pemain Terbaik BWF 2023 | Dok. Bidang Media & Humas NPC Indonesia

PATTAYA, MettaNEWS — Atlet para-bulu tangkis Indonesia mampu menjadi yang terbaik dalam BWF Player of The Year Award 2023 atau Penghargaan Pemain Terbaik BWF 2023. Dua kategori mampu direbut oleh pemain-pemain Indonesia.

Sepasang kategori tersebut diraih oleh Rina Marlina yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Putri Para-bulu tangkis dan ganda campuran Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani yang manyabet penghargaan Pasangan Para-bulu tangkis Terbaik 2023.

Rina mengalahkan kandidat lainnya yakni pemain asal Jepang, Sarina Satomi, Pilar Jauregui Cancino (Peru), Thulasimathi Murugesan (India), Man-Kei To (Belgia), serta rekan senegaranya Leani Ratri Oktila.  Pemberian penghargaan bagi Rina, Ratri dan Hikmat dilakukan berbarengan dengan pertandingan final Kejuaraan Dunia Para-bulu tangkis 2024 yang diadakan di Pattaya, Thailand, Minggu (25/2/2024).

“Saya sangat tidak menyangka bisa mendapat penghargaan pemain terbaik BWF 2023 karena mungkin untuk bisa mendapatkan penghargaan ini tidak mudah dan mungkin di luar sana banyak yang lebih bagus ketimbang saya, saya sangat bersyukur sekali mendapat kan penghargaan ini,”  aku Rina.

Untuk kategori Pasangan Terbaik, Ratri/Hikmat mengungguli sejumlah nominasi lainnya seperti Muhammad Fareez Anuar/Cheah Liek Hou (Malaysia), Sarina Satomi/Yuma Yamazaki (Jepqng) serta dua pasangan Indonesia lainnya yakni ganda campuran Rina Marlina/Subhan dan ganda putri Khalimatus Sadiyah/Leani Ratri Oktila.

Menurut Ratri, penghargaan ini merupakan gelar keempatnya setelah sebelumnya ia mampu merebut gelar Pemain Putri Terbaik BWF pada tahun 2018, 2019 dan periode 2020-2021.

“Saya sangat bangga masih bisa meraih penghargaan kategori pasangan terbaik. Penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya bagi saya untuk mendapatkan penghargaan dari BWF. Sebelumnya saya sudah memenangi tiga penghargaan sebagai  Female Player of The Year BWF,” kata Ratri.

“Alhamdulillah atas penghargaan BWF Parabadminton Of The Year ini. Saya sangat bangga atas perjuangan dari awal hingga bisa mendapatkan penghargaan ini,” timpal Hikmat.

Kesuksesan Rina, Ratri dan Hikmat menjadi pemain terbaik dunia BWF disambut gembira oleh NPC Indonesia. Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto mengatakan ketiga pemain ini pentas mendapatkan pemain terbaik dunia karena konsisten meraih prestasi sepanjang 2023.

“Intinya kami bersyukur atas penghargaan bagi Rina, Ratri dan Hikmat karena prestasi mereka konsisten sepanjang tahun lalu sehingga diberi penghargaan sebagai pemain terbaik dunia,” ungkap Rima.

“Penghargaan ini sangat pantas bagi mereka. Semoga penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi mereka untuk meraih prestasi tertinggi di Paralimpiade nanti,” harap Rima.

Tropi pemain terbaik BWF semakin melengkapi prestasi manis kontingen para-bulu tangkis Indonesia yang mampu merah tiga gelar juara dalam Kejuaraan Dunia Para-Bulu tangkis 2024 yang diadakan di Pattaya, Thailand.