Unik, Reuni Trah Martowirono ke 36 Tahun 2024 Pakai Dresscode Beragam Ikon Jepang

oleh
oleh
Reuni Trah Martowirono ke 36 tahun pakai dresscode ikon-ikon Jepang, Sabtu (13/4/2024) | MettaNEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Sungguh unik keluarga besar keturunan Martowirono merayakan reuni trah pada tahun 2024 ini. Anggota trah memakai dresscode beragam ikon Jepang, dari baju kimono, samurai, karakter Sailor Moon, Naruto, figur anime, tulisan huruf kanji, dan simbol pernak-pernik ala Jepang lainnya ini memenuhi lokasi reuni sebagai pertemuan ke 36 ini.

Wakil dari 4 taler (keturunan) mengikuti reuni trah Martowirono ini. Mbah Kakung Martowirono adalah seorang bayan di Kedunggudel, Sukoharjo, sedangkan Mbah Putri membuka warung. Pasangan ini dikaruniai 4 (empat) orang anak, Suripti, Sutono, Sutejo, dan Sukarni.

Reuni trah ini berisi game, fashion show, joget bersama, aneka kuis. Serta beragam hiburan penampilan dari tiap anggota trah yang menambah seru acara kumpul keluarga. Tak lupa sesi halal bihalal yang rutin tiap tahun diselenggarakan ini bertempat di Parthree Coffee and Kitchen di Blulukan, Colomadu Karanganyar, Sabtu (13/4/2024).

Sebagai tuan rumah tahun ini yakni Taler 1 Suripti memilih tema Jepang. Dengan mengubah nama Martowirono menjadi Maruto Wirono dari kata plesetan Naruto, karakter animasi yang terkenal dari Jepang.

Menurut ketua panitia, Slagen Abu Gorda dalam rilisnya menyatakan bahwa tujuan event ini sebagai ajang silaturahmi.

“Ini sebagai sarana silaturahmi, kangen-kangenan, sekaligus mempererat persaudaraan antar anggota trah,” tutur Slagen Abu.

Sedangkan Prof. Dr. Ir. Edia Rahayuningsih, M.S, IPU selaku dosen UGM yang juga anggota trah berharap dengan adanya reuni trah ini dapat menumbuhkan kerinduan antar anggota trah Martowirono.

“Walaupun terpisahkan jarak tempat tinggal maupun aktifitas tiap anggota trah namun ada kerinduan untuk selalu berkumpul,” ungkapnya.

Wakil taler ke 4 yang memakai kostum Naruto, Mayor Haristanto juga sangat mengapresiasi. Baik dari aspek pemilihan tema dan konsep acara reuni yang tambah seru dan kreatif pada penyelenggaraan tahun ini.

Menutup acara, semua anggota trah menyanyikan lagi Indonesia Pusaka, kemudian saling bersalaman sebagai simbol saling memaafkan antar anggota keluarga besar Trah Martowirono.