Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Solo, Lauk Chicken Strip, Sayur Tumis Sawi dan Buah

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Beberapa sekolah dasar (SD) di Solo jadi lokasi uji coba makan bergizi gratis, Kamis (25/7/2024).

SD tersebut antara lain adalah SDN Tugu Jebres dan SDN Jagalan. Pantauan mettanews.id di SDN Tugu, guru-guru tampak menata box makan siang untuk anak muridnya.

Kepala Sekolah SDN Tugu Jebres No. 120, Nuning Harmini mengaku senang sekolahnya menjadi lokasi uji coba makan siang bergizi gratis.

“Kami memesan sesuai jumlah siswa yakni 213 paket. Tapi biasanya kami pesan lebih untuk cadangan. Hari ini kami order 240 paket,” tuturnya di sela-sela pembagian makan bergizi gratis untuk muridnya.

SD negeri yang berada di Jalan Halilintar No. 13 Jebres Solo ini mendapat 2 jenis paket makanan.

Ada yang berisi nasi, ayam tepung tanpa tulang yang diiris tipis, sayur oseng sawi, buah potong dan susu UHT.
Sedangkan menu satunya adalah ayam steak, sayur salad berisi jagung, buncis, wortel, buah potong dan susu.

“Kami SDN Tugu Jebres sangat senang menjadi tempat uji coba makan gratis. Semoga menambah nilai gizi anak-anak dalam makanannya. Dan anak-anak teredukasi untuk tahu bahwa makanan yang bergizi yang layak dimakan itu seperti ini,” tandas Nuning.

Nuning menyebut menu makan siang bergizi yang di drop di sekolahnya sudah memenuhi kadar 4 sehat 5 sempurna. Dengan isian nasi, sayur, lauk protein, buah dan susu.

“Konsumsi anak biasanya kalau dari rumah ya dibawain nasi, sosis goreng, nugget, air putih. Kadang minumnya malah yang berwarna yang tidak layak di minum anak sekolah,” ungkapnya.

Pihak sekolah lanjut Nuning menyediakan tempat cuci tangan dan tisu untuk anak setelah makan.

“Lingkungan kami menengah ke bawah. Dengan program makan bergizi gratis ini juga mengedukasi anak-anak dan orang tua. Karena selama ini jarang anak-anak yang mau makan sayur. Dengan begini, makan bersama anak jadi mau makan sayur,” terang Nuning.

Nuning mengaku tidak mengetahui berapa harga per paket makan siang bergizi tersebut.

“Kami hanya menerima, kalau harganya tidak tahu. Ini tadi sesi pertama paket makan datang jam 09.00 WiB. Lanjut order lagi untuk jam 10.00 WIB. Kami order makanan di sekitar Jebres, tidak jauh-jauh. Tiap hari ganti menu dan ganti rumah makan. Rencana uji coba 12 hari,” urainya.

Salah satu murid kelas 1B SDN Tugu, Sivana Putri Anjani terlihat semangat menerima paket makanan bergizi dari gurunya.

“Rasanya enak, lauknya ayam, tadi tidak habis sisanya untuk di rumah susunya saya minum juga. Senang, biasanya ga bawa bekal tapi jajan di sekolah,” kata Sivana.