Turun Kasta, Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Jadi Bandara Domestik

oleh
oleh
Bandara Adi Soemarmo turun status jadi bandara domestik | MettaNEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Bandara Adi Soemarmo Solo turun kasta tak lagi berstatus bandara internasional. Bandara Adi Soemarmo saat ini berstatus sebagai Bandara Doemstik. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31/2024 (KM 31/2004) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional.

Terkait keputusan status baru tersebut pihak Bandara Adi Soemarmo menyampaikan pendapatnya.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq menjelaskan bahwa berdasar KM 31/2024 status bandara Adi Soemarmo tidak lagi merupakan bandara internasional.

“Namun terhadap pelaksanaan penerbangan internasional yang saat ini telah ada, akan kita lakukan pembahasan bersama dengan pihak-pihak terkait. Dalam hal ini maskapai dan regulator. Namun pada prinsipnya Bandara Adi Soemarmo baik secara fasilitas maupun standar pelayanan siap untuk melaksanakan pelayanan penerbangan internasional,” tegas Erick melalui pesan tertulisnya pada awak media.

Meskipun tak lagi berstatus sebagai Bandara Internasional, Erick menjelaskan Bandara Adi Soemarmo telah ditetapkan sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H untuk provinsi Jawa Tengah dan DIY.

“Terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 M/1445 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H/ 2024 M. Bandara Adi Soemarmo telah ditetapkan sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H untuk provinsi Jawa Tengah dan DIY. Sehingga pelaksanaan pelayanan penerbangan haji tahun 2024 dipastikan tetap dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo,” pungkasnya.