Trophy Experience Piala Dunia U-17 Singgah di Surabaya, Minggu Depan Giliran Solo

oleh
Trophy
Ketua PSSI Erick Thohir bersama maskot dan trofi Piala Dunia U-17 2023 di Balai Pemuda, Surabaya, Minggu (29/10/2023) | Dok. PSSI

SURABAYA, MettaNEWS – Trophy Experience sebagai bagian pesta menyambut Piala Dunia U-17 2023 telah singgah di Kota Surabaya.

Piala yang siap diperebutkan 24 negara peserta itu diarak dan dipamerkan di Balai Pemuda, Surabaya, Minggu (29/10/2023) pagi. Mulai pukul 06.30 hingga 09.30 WIB.

Trofi tur tersebut diramaikan dengan pawai bersama Bacuya atau Badak Cula Cahaya yang merupakan maskot resmi Piala Dunia U-17 2023,  launching Video Klip Timnas, dan Flash Mob Dance. Legenda-legenda klub Persebaya Surabaya dihadirkan dalam acara ini.

Momen Trophy Experience bakal dihadiri langsung Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo serta Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

“Trophy Experience ini menjadi bagian dari momen bersejarah kita sebagai sebuah bangsa. Saya mengajak warga Surabaya dan Jatim ikut berpawai dan juga bersama-sama menyukseskan Piala Dunia U-17. Kesuksesan Piala Dunia akan menjadi sejarah yang akan dikenang anak cucu kita kelak,” kata Erick Thohir di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Melalui rangkaian trofi tur Piala Dunia U-17 2023 yang sebelumnya singgah di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat, Erick mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama memenuhi stadion-stadion dan menyaksikan turnamen kelas dunia itu. Menurutnya kesuksesan acara tersebut kelak akan menjadi cerita yang membanggakan bagi anak cucu generasi penerus di masa yang akan datang.

“Di Surabaya Timnas U-17 akan bertanding mengarungi penyisihan. Kita tahu bersama kota ini memiliki massa pencinta sepak bola fanatis. Dukungan mereka akan sangat berarti buat timnas kita. Kita tunjukkan kepada dunia, bahwa Surabaya bisa menjadi tuan rumah yang baik,” timpalnya lagi.

Rencananya di momen yang sama akan diluncurkan video klip lagu Bersama Garuda (We Are Together) yang dinyanyikan Wika Salim. Lagu ini  akal menjadi theme song Timnas Indonesia U-17, buat membakar semangat pendukung Tim Merah-Putih di World Cup U-17.

Surabaya menjadi kota penting dalam penyelenggaraan turnamen. Kota Pahlawan menjadi homebase Timnas U-17 di penyisihan Grup A. Tim asuhan Bima Sakti akan bersaing di Grup A bersama Maroko, Ekuador, dan Panama.

Selain itu, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, juga akan menjadi venue dua pertandingan babak 16 besar pada 21 November 2023.

Kepala Disbudparpora Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, menyebutkan bahwa acara Trophy Experience dimulai dengan arak-arakan trofi dari Siola menuju Balai Pemuda. Sampai di Balai Pemuda, sejumlah kegiatan akan menyemarakkan acara ini. Salah satunya flash mob dance yang didisain secara meriah.

“Nanti ada arakan-arakan trofi dari Sioli sampai Balai Pemuda. Di situ ada bazar, ada penampilan kesenian dan musik, ada photobooth. Ada salah satu spot di balai pemuda ada juggling lewat coaching clinic,” kata Wiwiek.

Untuk Kota Solo, kegiatan Kirab thropy experience Piala Dunia U-17 rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (5/11/2023). Start dari Stadion Sriwedari dan finis di depan Pasar Triwindu Ngarsopuro mulai pukul 06.30 WIB.