Tim SAR Robek Kabin Truk Pengangkut Bawang untuk Selamatkan Sopir yang Terjepit

oleh
basarnas ekstrikasi
SAR gabungan menyelamatkan sopir truk yang terjepit di dalam kabin. | dok Humas Basarnas

MAGELANG, MettaNEWS – SAR Gabungan di bawah koordinasi Basarnas, berhasil menyelamatkan seorang pengemudi truk yang terjepit kabin dalam kecelakaan di jalan raya Magelang-Yogyakarta, Selasa (19/9/2023) dini hari.

Untuk menyelamatkan pengemudi truk, rescuer Unit Siaga SAR Borobudur memotong sebagian kabin truk dengan peralatan ekstrikasi.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto dalam siaran pers menyebut, operasi SAR berawal  dari kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua truk. Sebuah truk pengangkut pasir yang tengah memutar arah, tertabrak truk pengangkut bawang putih.

Akibat benturan keras, pengemudi truk pengangkut bawang, Ryan Febriyanto (24) terjepit di dalam kabin. Warga Desa Kramat Kecamatan Dempet Kabupaten Demak itu sempat menunggu 30 menit sebelum akhirnya bisa terevakuasi ke RSUD Muntilan.

Koordinator Unit Siaga SAR Borobudur Basuki, mengerahkan satu tim rescuer dengan peralatan ekstrikasi, yakni peralatan hidrolis khusus yang bisa memotong dan meregang material keras seperti metal dan beton.

Dengan peralatan itu serta personel terlatih, tak butuh waktu lama untuk memotong sebagian kabin dan  membuka jalur evakuasi.

“Korban telat terevakuasi dengan kondisi selamat, maka operasi penyelamatan selesai. Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam misi ini,” tutur Heru Suhartanto.