Terjadi Lagi, Truk Pertamina Gagal Mengerem hingga Tabrak Ojek dan Tewaskan Kenek

oleh
basarnas evakuasi sopir truk
SAR gabungan menolong korban kecelakaan akibat truk tangki Pertamina gagal mengerem, Selasa (2/8/2022) | Humas Basarnas

SEMARANG, MettaNEWS – Sebuah truk Pertamina pengangkut bahan bakar minyak, menyeruduk sebuah sepeda motor di turunan Jalan dr Wahidin, Tanah Putih, Kecamatan Candisari, Semarang, Selasa (2/8/2022) pukul 18.20. Kecelakaan itu menewaskan kenek truk karena terjepit kabin saat truk menabrak pagar pekarangan warga.

“Basarnas dilibatkan untuk menolong korban yang terjepit kabin truk,” tutur Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto dalam siaran pers Selasa malam.

Data yang dihimpun Basarnas, kecelakaan terjadi ketika truk tangki bernomor polisi H 6203 PH itu selesai memasok bahan bakar di SPBU Tembalang.

Kemudian di kawasan Tanah Putih, saat di turunan, pengemudi Nuryanto (40) diduga gagal mengerem dan tidak bisa mengendalikan kendaraan. Kemudian truk sempat menabrak sepeda motor Honda Supra H 6203 PH yang dikemudikan awak ojek online, Dhia Pramana (20).

Beruntung, meski sepeda motornya rusak parah, Dhia hanya mengalami cedera di tangan dan kaki. Namun, truk menabrak tebing di bawah pekarangan orang, menyebabkan kenek truk Arshad Febri Kurniawan (21) tewas karena terjepit kabin truk.

Ketika rescuer Basarnas tiba, mereka menggunakan peralatan combi cutter untuk memotong material logam yang menjepit Arshad. Namun, warga warga Sugihan RT.11/RW.02 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang itu tidak bisa diselamatkan.

“Kasus kecelakaannya diusut polisi. Untuk misi SAR sudah selesai, maka kami tutup dan segenap elemen yang terlibat membantu kembali ke kesatuan masing-masing,” tutur Heru Suhartanto.