Tekuk PSIS 2-0, Persis Patahkan Rekor Laskar Mahesa Jenar Tak Terkalahkan di Derby Jateng

oleh
Derby
Persis Solo menang atas PSIS 2-0 dalam lanjutan BRI Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/2023) malam | MettaNEWS / Robertus Dhimas

SOLO, MettaNEWS – Persis Solo menang atas PSIS 2-0 dalam lanjutan BRI Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/2023) malam. Laskar Sambernyawa berhasil patahkan rekor tak pernah menang dalam laga Derby Jawa Tengah (Jateng) sejak 2017 di kompetisi resmi.

Dua gol dicetak oleh Alexis Messidorro lewat titik putih menit ke 13, dan Ramadhan Sananta menit ke 43. Hasil itu membuat Laskar Sambernyawa naik ke posisi 12 klasemen sementara.

Babak Pertama

Pertandingan Derby Jateng antara Persis Solo vs PSIS Semarang diwarnai tensi tinggi antar pemain.

Peluang berbahaya langsung didapat PSIS memasuki menit ke 7 lewat tendangan Alfeandra Dewangga yang dilepasakan dari luar kotak pinalti namun hanya berbuah tendangan sudut.

Laskar Mahesa Jenar yang lebih unggul dari segi komposisi pemain selepas itu justru terlihat kewalahan menghadapi permainan agresif tim tuan rumah yang didukung 17.899 suporter.

Pada menit ke 13 Persis mendapat hadiah penalti dari wasit Heru Cahyono setelah Paolo Domingos melakukan hand ball dikotak penalti. Alexis Messidorro yang menjadi eksekutor berhasil membuat Persis unggul 1-0.

PSIS langsung merespon dan mendapat peluang berbahaya semenit berselang. Namun, kesigapan kipper Persis Muhammad Riyandi berhasil mengantisipasi tendangan yang dilepaskan Dewangga.

Persis jelang menit ke 20 memiliki sejumlah peluan namun masih belum menghasilkan gol. PSIS kemudian mengancam pada menit ke 24 lewat aksi Paolo Domingos lewat sebuah tendangan dari dalam kotak penalti. Namun, kesigapan Riyandi kembali menyelematkan gawang Persis dari kebobolan.

Kartu kuning pertama didapat Moussa Sidibe pada menit ke 29 karena melakukan protes keras pada wasit. Setelah itu sejumlah peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim namun belum berhasil membuahkan hasil.

Ramadhan Sananta pada menit ke 43 memperlebar keunggulan Persis menajadi 2-0. Ia memenangkan perebutan bola dengan bek PSIS dan kiper PSIS Muhammad Darmawan. Hasil itu bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Gilbert Agius langsung melakukan pergantian dengan menarik keluar Tri Setiawan dan memasukkan Boubakary Diarra. PSIS pun langsung mengancam gawang Persis lewat aksi Carlos Fortes beberapa detik setelah dimulainya babak kedua. Sayang tendangannya masih melambung jauh di atas mistar Riyandi.

Persis kemudian mengancam lewat aksi soloran Moussa Sidibe dan langsung melepaskan tendangan mendatar ke arah gawang pada menit ke 53. Namun tendangan itu masih bisa diamakan dengan baik oleh Muhammad Darmawan.

Memasuki menit ke 55 Leonardo Medina mulai melakukan penyegaran dengan melakukan pergantian. Diego Bardanca keluar digantikan Shulton Fajar. Empat menit berselang kartu kuning kedua diberikan kepada Sutanto Tan atas aksi teklenya kepada Boubakary Diarra.

Taisei Marukawa mengancam gawang Riyandi menit ke 83. Namun tendangan mendatar yang ia lakukan dari sisi kanan pertahan Persis mudah untuk diantisipasi Riyandi.

Hingga akhir pertandingan tak ada gol tercipta. Persis menang 2-0 dan mematahkan rekor PSIS di Derby Jateng.