Memanas! Laga Derby Jateng Diwarnai Cekcok Antar Suporter

oleh
Derby
Sejumlah suporter yang diduga pendukung PSIS digelandang petugas setelah membuat keributan saat Derby Jateng Persis vs PSIS di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/2023) malam | MettaNEWS / Robertus Dhimas

SOLO, MettaNEWS – Derby Jateng Persis vs PSIS pada lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024 pekan ke 12 pada Sabtu (15/9/2023) di Stadion Manahan malam sedikit memanas.

Ini terjadi saat pemain Persis berhasil mencetak satu gol di menit ke 14 lewat tendangan Messidoro. Puluhan suporter yang diduga pendukung PSIS di Tribun VIP sayap kanan tiba-tiba saling ejek dengan mengacungkan jari tengah.

Suporter Sambernyawa yang tak terima kemudian membalas ejekan itu. Keributan hampir saja terjadi di tengah-tengah permainan babak pertama berjalan di menit ke 15.

Petugas bersama kepolisian kemudian mendatangi puluhan suporter yang disinyalir membuat keributan. Mereka lalu digelandang petugas untuk meninggalkan tribun.

Suporter Persis yang tak terima menerikai segerombolan suporter tersebut dengan kata-kata kotor. Bahkan ada beberapa suporter Persis yang nekat melewati pembatas tribun VIP hingga tembus ke media tribun.

Sejumlah petugas kemudian berhasil mencegah adanya keributan di tribun. Mereka dengan segera membawa puluhan suporter yang diduga PSIS itu meninggalkan stadion.

Pertandingan Persis melawan PSIS ini disaksikan 17.899 penonton. Terkait antisipasi agar tiket laga tidak bocor kepada pendukung lawan, Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona menjelaskan pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi.

“Ya kalau dari kita kemarin sudah antisipasi, salah satu kebocoran kemarin dari tiket komplimen dari LIB dan PSSI tapi kita sudah koordinasi untuk mengetatkan sistem dan kita juga menghimbau teman-teman supaya tidak melempar tiket ke luar komunitas. Jadi memang kita preventifnya ke tiket komplimen LIB sama komunitas,” urainya.

Persis Solo memimpin pertandingan di babak pertama dengan perolehan 2 gol. Gol kedua ini diperoleh lewat Ramadhan Sananta di menit ke 44.

Keributan kembali terjadi di menit ke 88. Sejumlah suporter di Tribun VIP sayap kiri melenpar botol. Hal ini memicu teriakan dari suporter lain. Mereka mulai berteriak “ndesa ndesa”. Namun keributan ini berhasil diredam petugas.