SOLO, Metta NEWS – Salah satu kota mode dunia New York Amerika Serikat mempunyai banyak brand fashion yang digemari oleh penggemar fashion. Amerika Serikat juga menjadi tujuan bagi mereka untuk memburu tas-tas branded kelas dunia.
Di Indonesia sendiri di Mall kota2 besar seperti Surabaya, Jakarta juga ada butik yang menyediakan tas-tas brand USA. Sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya/Jakarta, tas-tas branded USA ini bisa dengan mudah didapatkan di Solo. Brand tas kelas dunia seperti Michael Kors, Kate Spade, Coach, Tory Burch, Marc Jacobs, Karl Lagerfeld, DKNY hadir di Solo di bawah bendera Smart House Of Authentic.
Smart House Of Authentic menghadirkan brand original USA dengan reasonable price. Ditemui pada launching butik yang beralamat di Jl. Dr. Rajiman 415 A Baron Panularan Laweyan, Owner Smart House Hesti Widjanarko menjelaskan, konsep penjualan lebih mengarah pada penjualan online.
“Tapi untuk mereka yang domisili di Solo dan yang lebih merasa mantap kalau membeli tas dengan melihat langsung tas tsb bisa langsung datang di butik kami. Sementara ini baru 6 brands yang kami sediakan, dari masing-masing brands tersebut kami juga memilih hanya tas yang best seller yang kami datangkan,” tutur Hesti Widjanarko.
Hesti bercerita ide awal dari bisnis tas branded ini bermula dari hobinya mengoleksi tas, ia berpikir untuk menjadikan hobi ini menjadi lahan bisnis yang menghasilkan. Dan juga belum ada toko tas branded di Solo. Pengalaman Hesti sendiri untuk membeli tas branded ini paling dekat harus pergi ke Jakarta. Apalagi pandemi sekarang, lebih sulit juga pergi keluar kota.
“Harga tas dengan brands yang kami jual adalah grade AFFORDABLE LUXURY. Kisaran harga mulai 1,5 juta sampai 5 jutaan. Ke depan nya mungkin kami akan menambah grade di atasnya lagi yaitu grade CORE LUXURY, tas branded seperti Prada, Gucci, Fendi,” terang Hesti.
Ibu dua putri ini mengungkapkan, Smart House bisa menjual dengan harga yang bersahabat karena memanfaatkan musim great sale yang berlangsung di USA.
“Moment great sale atau clearance sale di atas 50% kami baru berani ambil barang. Biasanya sale besar-besaran bisa sampai 60% plus 15% atau plus 25%. Kalau hanya mengandalkan sale 30%-40%, dikhawatirkan harga kami tidak akan bisa bersaing dengan store online lainnya,” papar istri pengusaha Doktere Honda ini.
Memilih konsep offline dan online store dengan IG @smarthouseofauthentic, Hesti melihat bisnis online mengalami perkembangan yang luar biasa semenjak pandemi. Semua orang jadi melek teknologi, memanfaatkan fasilitas media sosial dan sebagainya.
“Jadi ini sebuah peluang, tidak ada salahnya memulai. Dari hobby membeli tas menjadi sebuah pekerjaan/bisnis yang menyenangkan,” katanya.
Mendatangkan produk langsung dari Amerika, kualitas tas Smart House dijamin ORIGINAL.
“Di USA tidak ada orang yang berani jual tidak original karena pasti akan kena pasal. Hanya yang membedakan adalah original butik dan original outlet. Harga butik pasti lebih mahal dari outlet. Outlet itu istilahnya semacam ‘adiknya’ butik. Outlet kadang dapat barang dari butik juga. Yang membedakan antara barang butik dan outlet adalah jenis bahan leather (kulit)nya dan penamaan tasnya,” urai Hesti.
Fashion tas memang tidak ada matinya. Dari generasi ke generasi tas akan terus mengikuti perkembangan jaman.
“Pangsa pasar tas ini luas. Semua orang memakai tas, dari anak-anak hingga orang tua pasti membawa tas. Tas itu bergulir melintasi generasi dengan model yang semakin lebih variatif.” pungkas Hesti.