Senam Santri Pospenas IX 2022 : 14 Provinsi Ikuti Penyisihan Hari Pertama

Perhelatan Senam Santri Pospenas IX di Gedung Tenis GOR FKOR UNS Manahan Solo Kamis (24/11/22) | MettaNEWS / Kevin Rama

SOLO, MettaNEWS – Kompetisi pembuka dalam pergelangan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX di Solo telah dimulai Hari ini Kamis (24/11/22). Dalam Cabor Senam kali ini mempertandingkan Tim putri kategori Senam Santri di Gedung Tenis GOR FKOR UNS, Manahan, Solo.

14 Tim putri dari provinsi masing-masing Tengah memperebutkan 6 tiket menuju babak penentuan. Kordinator cabor senam Pospenas IX 2022, Rika Aniggar mengungkapkan, khusu hari ini Senam Santri dipastikan akan selesai dan dilanjutkan dengan Senam SKJ.

” Untuk sistemnya ini penyisihan dulu, ada 14 perwakilan yang terdaftar. Dari 14 ini diambil 6 terbaik untuk babak final. Dan nanti akan kita nilai lagi untuk mendapatkan juara 1,2 dan 3,” jelasnya.

Dalam penyisihan maupun final gerakan yang akan di bawakan tetap sama. Dikatakan gerakan ini merupakan standar kompetensi yang sudah di berlakukan sejak 2010.

Dalam satu tim senam santri ini terdapat 5 personel dan 1 cadangan. Mereka akan bergerak dengan gerakan yang sudah ditetapkan dan tidak saling melhat satu dengan yang lainnya.

Sementara itu, Teknikal Delegates (TD) senam santri Edy prayitno mengungkapkan untuk penilaian yang digunakan akan sangat terperinci.

“Kita nilai dari opening atau pemanasan, isi dan closing atau pendinginan, semua unsur kita perhatian dari mulai gerakan, kekompakan dan waktu semua kita perhatian karena ada nilai-nilai tersendiri. Dan kita akan nilai secara keseluruhan personel,” ungkapnya.

Lebih lanjut, setiap personel tim akan ada 1 wasit juri yang mengawasi. Kemudian nilai tersebut akan dikombinasikan bersama dan mendapatkan nilai keseluruhan tim.

Meski begitu Edy berharap kepada kemenag ataupun kementrian terkait dapat menciptakan atau membuat satu koreografi yang terbaru.

“Ini agar menciptakan suasana dan tantangan baru,” pungkasnya.

14 tim provinsi yang berkompetisi dalam senam santri ini antara lain :

1. Banten

2. DIY

3. Bali

4. Jambi

5. Jawa Tengah

6. Jawa Timur

7. DKI Jakarta

8. Jawa Barat

9. Riau

10. Kalimantan Timur

11. Kalimantan Barat

12. Sumatran Selatan

13. Sulawesi Selatan

14. Bengkulu