Salat Idul Adha, Ratusan Jemaah Padati Taman Parkir Kottabarat   

oleh
oleh
Ratusan jemaah mengikuti salat Idul Adha Sabtu pagi ini di lapangan parkir Kottabarat | dok panitia

SOLO, MettaNEWS – Suara takbir berkumandang di taman parkir Kottabarat pukul 05.30 WIB, Sabtu (9/7/2022). Kurang lebih sebanyak 700 jemaah mengikuti salat Idul Adha yang diadakan oleh Takmir Masjid Kottabarat. 

Terlihat petugas berjaga dan membantu menyeberangkan jemaah. Jemaah yang datang diarahkan menempati kurang lebih 32 barisan shaf yang telah disiapkan panitia. Lokasi taman parkir Kottabarat terlihat lapang dan cukup menampung banyaknya jamaah.

Sekretaris Majlis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Ruswa Darsono menjadi imam sekaligus khotib dalam salat Idul Adha yang dimulai kurang lebih pada pukul 06.15 WIB tersebut. 

Ruswa Darsono menyampaikan khotbah bertema ibadah haji dan kurban sebagai pelatihan menjadi orang yang ikhlas dan bersyukur. 

“Ikhlas berarti memurnikan peribadatan sesuai dengan perintah Allah SWT. Maka dari itu, beribadah harus ikhlas dan memurnikan pemahaman bahwa tidak ada serikat sekutu bagi Allah. Tuhan kita hanya Allah SWT. Sehingga tata cara beribadah diniatkan hanya untuk Allah bukan untuk yang lain. Itulah ikhlas,” jelasnya. 

Ruswa Darsono juga menjelaskan konsep syukur, pengakuan menerima pemberian dari Allah baik yang menyenangkan maupun menyulitkan. 

“Kita menerima semua itu dengan lega, itulah syukur. Syukur dalam bentuk lisan dengan mengucap ikrar alhamdulillah. Pujian kepada Allah SWT Sang Pemberi, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang. Adapun, syukur dengan perbuatan adalah memanfaatkan nikmat yang ada pada kita sesuai yang dikehendaki Allah SWT,” tuturnya.

Akhir khotbah, Ruswa Darsono menyimpulkan bahwa ibadah haji dan kurban kedua-duanya menunjukkan tata cara kepada umat agar menjadi manusia yang tetap ikhlas kepada Allah SWT dan menjadi orang yang bersyukur. Orang yang ikhlas dan bersyukur akan dijaga oleh Allah SWT dan dihindarkan dari godaan setan. 

“Harapan saya jemaah bisa beribadah haji dan kurban karena kedua-duanya sebagai pelatihan kita menjadi orang yang ikhlas dan syukur,” tandasnya.

Heru Hadiyono, selaku ketua pelaksana mengungkapkan perasaan senang karena pelaksanaan salat Idul Adha di taman parkir Kottabarat bisa berjalan dengan lancar dan khidmat. Jamaah antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Selesai sholat, jemaah pun meninggalkan lokasi dengan tertib.