Ralali.Com Start dari Solo untuk Indonesia

oleh
oleh
Ralali.com
Pameran hasil produk UMKM yang sudah bergabung dengan Ralali.com | Foto : Metta NEWS - Puspita

SOLO, Metta NEWS – Business to Business (B2B) marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia, menandatangani Pokok Perjanjian Kerjasama (Signing Ceremonial) yang menandai dimulainya kerjasama strategis antara Ralali.com dengan Pemerintah Kota Surakarta sebagai B2B enabler untuk UKM dan IKM Surakarta yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perluasan digitalisasi pasar, Sabtu (27/11) bertempat di Ballroom Sidoluhur, Aston Solo Hotel

CEO dari Ralali.com. Joseph Aditya, menjelaskan, melalui kerjasama ini, Ralali.com berkomitmen sesuai dengan visi utama yakni untuk mendukung program pemerintah dalam empowerment UKM dan IKM, sehingga dapat menjadi contoh untuk dapat dilakukan di berbagai kota maupun kabupaten lainnya. Kedua belah pihak akan bersinergi untuk tingkatkan kesejahteraan UKM dan IKM Surakarta melalui proses transformasi digital.

“Ralali.com bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk melakukan standarisasi penjualan serta pemasaran agar UKM dan IKM produsen dapat masuk ke pasar digital serta memenuhi standar industri yang ada. Seiring dengan adanya industri ini, maka lapangan pekerjaan juga dibutuhkan,” tutur Joseph.  

Joseph mengungkapkan, Ralali.com berinovasi berikan solusi melalui Big Agent, yang merupakan platform yang memberdayakan bisnis dan sumber daya manusia. 

“Ralali.com juga fasilitasi website gratis melalui aplikasi Konekto dengan menargetkan para UKM dan IKM Surakarta dapat membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital. Pelaku usaha dapat memperluas jaringan bisnisnya melalui digital storefront serta berbagai fitur unggulan dari Konekto,” terang Joseph. 

Tak hanya itu, melalui PT Mitra Enabler Indonesia (Ralali Partner) lanjut Joseph, menjadikan Platform Ralali.com ini menjadi B2B platform terbaik dan terintegrasi untuk menunjang permintaan kebutuhan barang industri ke UKM dan IKM. 

“Sehingga pabrik ataupun industri tidak perlu ragu dalam membeli produk mereka di enabler Ralali.com, karena UKM dan IKM yang telah tampil di platform enabler Ralali.com telah diberikan pembinaan mengenai standarisasi produk, pengetahuan packaging, logistik angkutan barang, serta difasilitasi tempo dalam melakukan pembayaran,” tandas Joseph. 

Pertama di Indonesia, PT Mitra Enabler Indonesia (Ralali Enabler) memiliki fokus untuk mengangkat UKM dan IKM Surakarta. Dalam kesempatan kali ini, Ralali.com bersama instruktur Penyandang Disabilitas Tunanetra Adi Gunawan mendemonstrasikan Pemakaian Aplikasi Ralali.com. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Ralali.com ramah dan mudah untuk digunakan oleh Para Disabilitas bahkan Penyandang Disabilitas Tunanetra. Program Enabler Disabilitas Ralali.com ini bertujuan untuk membantu para UKM dan IKM Disabilitas 4.0. 

Marketplace yang didirikan sejak tahun 2013 ini telah memiliki lebih dari 1,5 juta user register, lebih dari 22.000 Vendors, 500 ribu produk dan lebih dari 5 juta visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia.

Direktur PT Mitra Enabler Indonesia Alexander menambahkan, fungsi Enabler Ralali adalah akan memberikan pendampingan dalam hal standarisasi produk dan pengetahuan packaging, menyiapkan logistik yang terintegrasi yang ada di setiap kota di Indonesia. 

“Jadi setiap kita buka di suatu tempat kita selalu ada menyiapkan logistiknya di setiap daerah jangan sampai terputus logistik ini. Juga menyiapkan pembukuan sederhana secara digital agar UKM bisa bankable. Yang terpenting kita akan siapkan tips financing bagi UKm yang membutuhkan karena B2B ini pembayarannya tempo bukan chas. Kami juga tidak lupa perlunya menyiapkan offtaker buyer tingkat nasional dan global. Karena percuma saja kalau kita sdh masuk ke semua platform ternyata offtaker nya tidak ada,” papar Alexander. 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sangat mendukung kerja sama dengan Ralali.com ini yang juga sebagai salah satu cara percepatan pemulihan ekonomi. 

“Ini konsep luar biasa apalagi ada aplikasi bisnis untuk penyandang disabilitas, sesuai dengan konsep sustainable development goals di mana difabel dan mereka yang punya keterbatasan harus terus dirangkul,” ujar Gibran. 

Gibran yakin dengan kemajuan teknologi semua pihak bisa terbantukan khususnya para difabel. 

“Ralali.com ini menyediakan fasilitas yang kelasnya B2B, untuk pembelian dalam jumlah besar. UKM harus didampingi dari A sampai Z, kalau packaging, branding, kualitas produk sudah baik mau tidak mau harus meningkatkan kuantitas. Yang tadinya usaha rumahan harus naik kelas jadi pabrik, nah peran Ralali ada di situ. Tinggal UKM nya mau naik kelas tidak, mau kerja keras apa tidak,” pungkas Gibran.

No More Posts Available.

No more pages to load.