Meriahnya Opening Ceremony ASEAN Para Games XI di Stadion Manahan Solo

oleh
Pawai kontingen Indonesia dalam opening ceremony ASEAN para games XI di Stadion Manahan Solo Sabtu (30/7/2022) | MettaNEWS / Kevin Rama

SOLO, MettaNEWS – Opening Ceremony ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo berjalan sangat meriah Sabtu (30/7/2022). Antusias warga pun semakin membuat acara berjalan seru, pasalnya di setiap gong per-sesi mendapatkan sorak meriah dari penonton.

Dari pantauan MettaNEWS di lokasi Acara atau sesi pertama ialah kemunculan Gubernur Jawa Tengah bersama artis nasional dan lokal yang membawakan lagu bengawan Solo.

Acara berlanjut menuju penampilan wayang sandosa yang berkonsep wayang mengenakan bayangan cahaya, dalang dari wayang ini ialah Ki purbo asmoro.

Kemudian dilanjutkan dengan pergelaran wayang orang beserta pawai dan pengenalan profil dari 11 kontingen negara ASEAN yang mengikuti APG 2022 ini.

Usai pawai itu para penonton dikejutkan dengan gimik Walikota Solo sekaligus sebagai Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka yang menaiki kuda untuk melakukan sambutan, gemuruh suara penonton langsung terdengar dari seluruh penjuru stadion manahan.

Sambutan dilanjutkan oleh pihak NPC dan Wakil Presiden Republik indonesia Ma’ruf Amin Sekaligus membuka pergelangan APG XI.

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin mengungkapkan dirinya sangat senang lantaran dapat membuka event disabilitas yang sangat bergengsi tersebut.

“Kesetaraan para games merupakan suatu yang istimewa karena atlet pada game adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya. Para game juga istimewa membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi,” ungkapnya dalam sambutan.

“Dalam kompetisi yang sehat dan sportif Saya berharap peralatan olahraga ini akan semakin Mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN,” Imbuhnya.

Sesuai sambutan dan pembukaan secara resmi itu acara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera ASEAN Para Pames Solo dan penyalaan obor yang dilakukan oleh atlet-atlet Indonesia.

Kemudian para penonton dihibur dengan lagu ofisial song APG XI ‘Menembus Batas’ yang dibawakan oleh Nella Karisma.

Acara ditutup dengan pesta kembang Api yang sangat meriah mengelilingi stadion manahan Solo.