Manajemen KAI Commuter akan Temui Ilham, Pengguna Kursi Roda Tiga yang Ditolak Naik KRL  

oleh
oleh
Koridor menuju gate KRL Stasiun Solo Balapan | Metta NEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan kepada pengguna dengan disabilitas yang akan menggunakan KRL dari Stasiun Solo Balapan pada Senin, (25/7/2022) kemarin. 

KAI Commuter juga akan segera menemui pengguna tersebut untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung. Sebelumnya pengguna tersebut juga telah menggunakan KRL dari Stasiun Lempuyangan dan dibantu petugas di stasiun dan di dalam KRL. 

Di Stasiun Solo Balapan, petugas menawarkan menggunakan kursi roda yang tersedia di stasiun agar dalam pelayanan kami bisa membantu dan memastikan keselamatan baik ketika naik turun lift ataupun KRL, mengingat memang alat pembantu yang digunakan berbeda. 

“KAI Commuter mohon maaf jika dalam pelayanan dan penanganan petugas masih belum sempurna,” kata Leza Arlan, Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, melalui rilis yang diterima redaksi mettanews.id, Rabu (27/7/2022).

Leza menjelaskan, untuk kenyamanan pengguna dengan disabilitas KAI Commuter menyediakan Pusat Pelayanan Disabilitas yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Sebelum bepergian menggunakan KRL dapat menghubungi nomor pelayanan 081296605747 dapat melalui telepon, SMS, dan layanan whatsapp untuk menginformasikan perkiraan waktu kedatangannya di stasiun keberangkatannya.

Pengguna dengan disabilitas dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan khusus disabilitas dan bantuan petugas di stasiun keberangkatan. Selanjutnya, petugas akan berkoordinasi dengan petugas baik di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan.

“Petugas kami siap membantu pengguna disabilitas tak hanya sampai di stasiun tujuan, melainkan juga mengantarkan hingga hendak menggunakan moda transportasi lanjutan,” tutur Leza. 

Layanan ini juga merupakan upaya KAI Commuter untuk mewujudkan transportasi yang lebih ramah bagi disabilitas dan tentunya semakin aksesibel bagi seluruh pengguna jasanya.

“KAI Commuter tetap berkomitmen untuk tetap meningkatkan pelayanannya dengan secara rutin melakukan pelatihan pelayanan terhadap pengguna dengan disabilitas, serta terus bersinergi dengan stakeholders mulai dari komunitas, pengguna, operator, hingga regulator untuk mewujudkan transportasi yang ramah disabilitas,” pungkas Leza.