Kelompok KKN UNS 6 Banjarsari, Wujudkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis dan Membaca Puisi di SD Widya Wacana 6 Pasar Legi

oleh
KKN
Kelompok KKN UNS 6 menggelar kegiatan lomba Membaca Puisi untuk memperingati Tahun Baru Imlek di SD Widya Wacana 6 Pasar Legi, Rabu (7/2/2024) | Dok. Kelompok KKN 6 Banjarsari

SOLO, MettaNEWS – Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung dari tanggal 16 Januari – 5 Maret 2024.

Kelompok KKN UNS 6 pun berkesempatan untuk melaksanakan KKN di daerah Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. 

Kelompok KKN 6 Banjarsari yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Bowo Winarno, S.Si., M.Kom beranggotakan 9 orang yang terdiri atas; Alfito Putra Fajar Pratama, Bisma Nizarusady, Ayu Wandana Yuantika, Dhimas Sindhudjati Setyanto, Fadhilah Ayu Wijayanti, Maisyaroh Febriana Putri, Viola Yngwie Oriordan, Yulia Dwi Sulistyaningtyas, dan Ananda Putri Ardiestya. 

Beragam kegiatan dilaksanakan oleh Kelompok KKN UNS 6 Banjarsari. Salah satunya adalah kegiatan lomba Membaca Puisi untuk anak-anak SD dengan tema Imlek untuk memperingati hari Tahun Baru Imlek.

Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (7/2/2024) di SD Widya Wacana 6 Pasar Legi.

Sebelumnya, para siswa SD yang hendak menjadi peserta lomba membaca puisi telah diseleksi terlebih dahulu pada 5 Februari 2024.

Selain lomba membaca puisi, terdapat pula pengumuman pemenang lomba menulis puisi yang telah diseleksi sebelumnya. Sama seperti lomba membaca puisi, tema yang diangkat dalam lomba menulis puisi adalah Imlek. 

Antusiasme yang diberikan oleh para siswa sangat besar. Banyak siswa yang mendaftar di kedua lomba.

KKN
Penyerahan tanda terima kasih Kelompok KKN UNS 6 Banjarsari kepada SD Widya Wacana 6 Pasar Legi, Rabu (7/2/2024) | Dok. KKN UNS 6 Banjarsari

Siswa-siswi yang tidak ikut lomba pun turut memeriahkan acara dengan mendukung dan menonton para siswa yang mengikuti lomba. 

Dalam acara ini, mahasiswa KKN UNS 6 ikut berpartipasi sebagai juri, MC, sesi dokumentasi, serta membantu terlaksananya rangkaian acara agar berjalan dengan baik.

Selain lomba membaca dan menulis puisi yang diusung oleh mahasiswa, kegiatan lain yang berlangsung yaitu, lomba fashion show.

Pembagian kue keranjang sekaligus acara perpisahan mahasiswa KKN UNS 6 dengan para siswa dan guru di SD Widya Wacana 6 Pasar Legi. 

KKN
KKN UNS 6 Banjarsari bersama tenaga pendidik di SD Widya Wacana 6 Pasar Legi usai menggelar kegiatan lomba Membaca Puisi untuk anak-anak SD dalam memperingati Tahun Baru Imlek 2024, Rabu (7/2/2024) | Dok. KKN UNS 6 Banjarsari

Kegiatan lomba membaca puisi masuk ke dalam program penunjang KKN. Program kerja lain yang dilakukan oleh Kelompok KKN UNS 6 Banjarsari, yaitu Sosialisasi Legalitas Berusaha, Pendataan UMKM Masyarakat Sekitar Pasar Legi.

Pendampingan  Pemasaran Digital melalui Media Sosial untuk UMKM, Pendampingan Literasi Digital “FinTech dan Marketplcae”.

Penyebaran Flyer Pencerdasan Anti Hoax, Penyampaian Materi Mengenai Kesadaran Literasi dan Pengenalan Kesusastraan Indonesia, Pojok Baca, dan Lomba Matematika.

Dapatkan informasi lain terkait KKN MBKM UNS Membangun Desa melalui https://uns.ac.id/.