KAI Commuter Catat Pengguna KRL Tertinggi Pada November 

oleh
oleh
KRL Yogyakarta Solo
Penerapan protokol kesehatan bagi penumpang KRL Yogyakarta - Solo | Foto : dok KAI Commuter

SOLO, Metta NEWS – Penanganan pandemi Covid-19 yang semakin membaik membuat masyarakat secara bertahap kembali beraktivitas di luar rumah. Tren ini juga tampak pada data pengguna KRL selama bulan November 2021 sebagai bulan dengan volume pengguna KRL tertinggi sepanjang 2021. 

Selama November, KRL tercatat melayani 12.400.098 pengguna (atau rata-rata 413.337 pengguna per hari) di Jabodetabek dan 219.696 pengguna (rata-rata 7.323 pengguna per hari) di KRL Yogyakarta – Solo. 

“Jumlah lebih dari 12,4 juta pengguna KRL Jabodetabek tersebut tumbuh 13,85% dibanding bulan Oktober 2021 untuk KRL Jabodetabek. Sementara volume pengguna KRL Yogyakarta – Solo tumbuh 20,2% dibanding bulan sebelumnya. Meskipun demikian, volume pengguna KRL ini masih jauh di bawah angka sebelum pandemi yang mampu melayani sekitar 1 juta pengguna per hari atau lebih dari 26 juta setiap bulannya,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.   

Jika dilihat sejak awal tahun, hingga November 2021 KRL Jabodetabek telah melayani 109.376.293 pengguna. Angka ini masih lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu dimana tercatat ada 141.449.845 pengguna yang dilayani KRL Jabodetabek. Sementara itu dalam operasi sejak Februari hingga November tahun 2021 ini, KRL Yogyakarta Solo telah melayani 1.448.836 pengguna. 

“Dari segi operasional, KAI Commuter terus melakukan peningkatan untuk mengupayakan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan dan memaksimalkan protokol kesehatan terutama jaga jarak pada jam – jam sibuk,” terang Anne. 

Anne menyebut operasional KAI Commuter selama pandemi ini juga sangat dipengaruhi aturan kegiatan masyarakat termasuk di sektor transportasi. 

“Saat ini kami semakin adaptif karena harus mampu beradaptasi dengan perubahan pola operasi dan layanan KRL sesuai aturan terbaru. Sebelumnya, perubahan pola operasi hanya kami lakukan satu kali setiap 1 hingga 2 tahun. Namun di masa pandemi kami harus siap mengubah pola operasi sesuai dengan perkembangan regulasi yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” kata Anne. 

Dengan adanya kesempatan dari segi aturan untuk kembali melakukan berbagai aktivitas di luar rumah pada masa pandemi Covid-19, lanjut Anne, KAI Commuter berkomitmen menyediakan transportasi aman dengan protokol kesehatan yang ketat. 

“Di sisi lain, kami juga berharap agar para pengguna tetap disiplin mengikuti aturan, tata tertib dan protokol kesehatan di dalam stasiun maupun KRL untuk kesehatan dan kenyamanan bersama,” ucap Anne. 

No More Posts Available.

No more pages to load.