Himpun Dana Pribadi, Karyawan BCA Slamet Riyadi Donasi Air Bersih Sebanyak 42 Tangki Lewat PMI Surakarta

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Karyawan Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Central Asia (BCA) Gladag Slamet Riyadi menghimpun dana pribadi untuk donasi air bersih.

Bantuan air bersih sebanyak 42 tangkiĀ  dari karyawan BCA ini diserahkan kepada PMI Kota Surakarta, Jumat (15/9/2023). Plh Ketua PMI Surakarta Sumartono Hadinoto dan Wakil Ketua PMI Sunarto menerima donasi tersebut secara simbolis.

Penyerahan donasi berlangsung pada pembukaan acara BCA Auto Show di halaman BCA Gladag.

Kepala KCU BCA Gladag Slamet Riyadi Anggolo Pryadiy menjelaskan pengumpulan donasi ini murni dari kantong pribadi staf BCA Gladag.

“Kemarin waktu donor darah ke PMI saya melihat ada penyaluran air bersih. Saya dapat informasi harusnya banyak pihak bisa ikut berpartisipasi. Maka kami galang dana dari karyawan dan karyawati BCA untuk bersama-sama berdonasi. Karena air per tangki itu hanya Rp 200 ribu. Dari situ saya coba menggugah dari teman-teman semua. Kita bisa berpartisipasi untuk daerah sekitar kita,” jelas Anggolo.

Anggolo menyampaikan dari donasi pribadi para karyawan ini berhasil mengumpulkan 42 tangki air bersih.

“Kami semua berharap apa yang sudah teman-teman sisihkan ini bisa bermanfaat. Dan bisa berpartisipasi untuk Solo. Bisa berbagi berkat untuk Solo dan sekitarnya serta pada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Anggolo menyebut donasi air bersih 42 tangki ini sebagai langkah awal gerakan sosial dari para staf BCA Gladag.

“Ini langkah awal kami dari donasi pribadi karyawan. Kalau secara corporate sudah ada program CSR nya sendiri,” tuturnya.

BCA Auto Sshow sendiri berlangsung selama 3 hari. Mulai Jumat hingga Minggu (15-17/9/2023) di halaman kantor BCA Gladag Slamet Riyadi.

Mengusung 13 merek mobil dan motor, BCA Auto Show menawarkan berbagai program menarik untuk memiliki kendaraan pribadi.

Sementara itu, Plh Ketua PMI Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan hingga saat ini PMI sudah menyalurkan air bersih sebanyak 112 tangki.

“Musim kemarau masih berlangsung cukup panjang. Sementara itu saudara kita yang membutuhkan air bersih masih banyak. Sampai ada yang jual ternaknya untuk membeli air bersih. Karena air merupakan salah satu faktor penting kehidupan. Inilah yang menjadi PR bagi PMI Kota Surakarta,” papar Martono usai menerima secara simbolis bantuan air bersih 42 tangki dari karyawan BCA.

Donasi dari karyawan BCA dan dari yang lain lanjut Martono akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami selalu sampaikan berkat yang kita bagi tidak akan mengurangi uang kita. Justru akan menambah berkat bagi kita. Mewakili PMI Surakarta saya sampaikan terima kasih atas keiklasan donasi dari rekan-rekan BCA Gladag,” ujarnya.

Martono mengatakan dalam aktivitas kemanusiaannya PMI Surakarta juga fokus pada ketersediaan air bersih.
Saat ini lanjut Martono, PMI Surakarta baru memiliki 4 tangki air.

“Dulu kami biasanya pinjam PMI pusat. Tapi karena Indonesia juga banyak terjadi bencana maka agak sulit pinjam ke pusat. Sebetulnya kami ingin punya 6 tangki aor. Menggalang donasi hingga hari ini kita punya 4 tangki. Yakni dari Sun Motor, PMS dan Metta Media Grup, Lions Club dan Jayakarya Malang,” bebernya.

Pihaknya mengatakan truk tangki air ini sangat bermanfaat sekali. Truk tangki ini tidak hanya untuk menyalurkan air bersih tapi juga membantu pada saat terjadi bencana hingga pasca bencana.

“Termasuk penyediaan air untuk pemadam kebakaran. PMI Surakarta selalu ada di belakang mobil PMK. Karena kalau mobil PMK dari posko ke lokasi kejadian butuh waktu minimal 15 menit. Belum bongkar pasang selang air. Sudah nyemprot cuma 10 menit airnya habis. Kalau harus ambil air lagi keburu habis yang terbakar. Tapi kalau ada tangki air PMI yang support mungkin bisa antisipasi kebakaran tidak sampai habis obyeknya,” ujarnya.

Martono mengungkapkan truk tangki air dan ambulan PMI selalu memdapingi saat mobil PMK bertugas.

“Penyaluran air bersih ini untuk semua kabupaten di Solo Raya yang membutuhkan. Kami koordinasi dengan PMK kabupaten masing-masing. PMI setempat yang assesment pada kami untuk kirim air bersih. Tentunya selama masih banyak yang mempercayakan pada PMI Surakarta semua donasi akan kami salurkan,” pungkasnya.