Gus Miftah Tanggapi Oki Setiana Dewi: Lebih Utama Tidak Memukul Istri

oleh
Oki Setiana Dewi

BEREDARNYA video lawas ceramah Oki Setiana Dewi di media sosial masih menuai sorotan. Padahal video ini sudah beredar sejak 2 tahun lalu.

Banyak warganet menilai ceramah Oki Setiana Dewi tersebut membahas tentang istri yang menutupi aib suami dalam melakukan KDRT alias Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Terkini, Gus Miftah ikut buka suara menanggapi soal KDRT dan ceramah Oki Setiana Dewi tersebut. Gus Miftah membuka kalimatnya dengan mengambil contoh dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. KDRT, Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Pernahkah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam memukul istrinya? Kita lihat. Aisyah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tidak pernah memukul apapun dengan tangannya. Tidak memukul wanita dan pembantu,” kata Gus Miftah, Senin (7/2/2022) melansir @matamatadotcom.

“Memang ada keterangan dalam Tafsir Al-Qurthubi, pukulan seorang suami kepada istri. Pukulan yang tidak menyakiti. Digambarkan di situ, dengan apa pukulan yang tidak menyakiti itu? Pukulan yang tidak menyakiti hanya sebatas sebagai edukasi. Maka, lebih utama adalah tidak memukul istri,” imbuhnya.

Setelah memberikan contoh tersebut, Gus Miftah lantas mengambil sikap dan menyuarakan pendapatnya sendiri. Ia menentang keras KDRT yang dilakukan suami kepada istri.