Solo Hotel Expo, Dukung Geliat Pariwisata Usai Pandemi Covid-19 Berlalu

Solo Hotel Expo

SOLO, MettaNEWS – Dukung geliat pariwisata di Kota Solo pasca pandemi Covid-19, sebanyak 20 hotel mengikuti event Solo Hotel Expo and Tourism Industry di Grand Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, mulai Rabu (11/1/2023) sampai Minggu (15/1/2023).

Direktur Operasional Solo Paragon Lifestyle Mall, Budianto Wiharto menjelaskan event ini menggandeng seluruh stake holder yang bergerak di bidang pariwisata. Mereka adalah pelaku bisnis perhotelan, corporate, penyedia akomodasi, pemerintah,  sampai travel agent.

Saat ini, ujar Budiyanto, Kota Solo memiliki banyak destinasi wisata baru. Beberapa di antaranya sangatmenjadi daya tarik kunjungan. Seperti Masjid Grand Sheikh Zayed, Pracima Tuin Mangkunegaran, hingga Koridor Gatot Subroto dan Ngarsapura.

“Kami pamerkan hotel-hotel di Solo agar costumer bisa memilih paket wisata yang mereka minati,” katanya.

Kegiatan Solo Hotel Expo and Tourism Industry kali ini melibatkan lebih dari 20 hotel di Kota Solo dan sekitarnya.

“Event berlangsung selama lima hari ke depan. Nanti peserta expo akan bertemu dengan para buyer yang akan membutuhkan jasa akomodasinya,” tuturnya.

Artinya, lanjut Budianto, event ini tak hanya sekadar pameran. Ini adalah momentum para hotel dan stake holder pariwisata menggaet kunjungan wisata sebanyak-banyaknya ke Kota Solo.

“Hotel-hotel ini pasti punya program dan paket. Nah, dalam event ini ada agenda buyer meet seller. Jadi mereka langsung bertemu dengan pihak-pihak yang akan membeli jasa mereka, bahkan bisa langsung deal kalau penawarannya cocok,” tambah Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji.

Sejumlah agenda pendukung akan memeriahkan event tersebut, seperti talkshow, live cooking demo, bartender show, fashion show, hotel performance, trend make up 2023, dan live music, hingga adanya grand prize satu buah liontin berlian untuk pengunjung yang berkunjung.

Solo Hotel Expo Targetkan Wisatawan Long Stay

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Aryo Widyandoko menambahkan selama tahun 2022 range of stay atau rata-rata wisatan untuk menginap di hotel sekitar 1,5 hari.

“Rata-rata tersebut sudah mengalami kenaikan mengingat pada saat pandemi Covid-19 hanya 1,1 hari atau di bawah itu,” kata Aryo.

Selain itu, target wisatawan di Kota Solo selama tahun 2022 yang memiliki pencapaian yang baik, dimana target yang semula 1,3 juta wisatawan menjadi 2,5 juta wisatawan yang berkunjung di Kota Solo. Hal ini tak lepas dari adanya event pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi yang menghadirkan jutaan orang ke Solo.

“Kalau target range of stay di tahun 2023 dari Mas Wali adalah 2,7 hari, ini kita kejar terus. Apalagi saat ini banyak objek wisata yang akan buka pada tahun ini,” tandasnya.