Desa Purbayan, Baki Selenggarakan Festival Hari Ibu

oleh
Menu Sehat hasil kreasi lomba cipta menu lokal | dok panitia

SUKOHARJO, MettaNEWS –Program Kampung Iklim (Proklim) Dusun II, Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo menggelar Festival #1 dalam rangka Hari Ibu. Kegiatan Tersebut bertemakan Ibu Hebat.

Dalam siaran pers yang diterima Kamis (23/12/2021) Ketua Proklim Safira Faradina menyebutkan, kegiatan Festival #1 mencakup 5 kegiatan, Dosen (dodolan second), lomba cipta menu pangan lokal, kantin bunga raya, pembuatan lilin dari minyak jelantah dan pembagian bibit tanaman.

Kegiatan ini terselenggara kerjasama dengan Politeknik Santo Paulus Surakarta prodi Teknologi Rekayasa Pangan untuk kegiatan lomba cipta menu pangan lokal. Bekerjasama dengan prodi Kimia Industri Politeknik Santo Paulus Surakarta untuk kegiatan pembuatan lilin dari minyak jelantah.

“Selain itu bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pembagian bibit tanaman. Kegiatan dosen (dodolan second) bekerja sama dengan bank Sampah Bunga Raya,” paparnya.

Kegiatan ini diikuti oleh warga di lingkungan Dusun II Desa Purbayan.  Sebanyak 26 menu olahan pangan lokal dari lidah buaya, gembrot, daun Kelor, singkong, bunga telang dan daun katuk tersaji menjadi olahan menu masakan keluarga.

Menurut Laela Nur Rokhmah, STP, MSc selaku perwakilan dari Politeknik Santo Paulus Surakarta,  kegiatan cipta menu pangan lokal ini bertujuan agar masyarakat bisa menciptakan menu yang bahan bakunya bisa diperoleh dengan menanamnya di rumah. Sehingga berketahanan pangan dari rumah bisa tercapai.

No More Posts Available.

No more pages to load.