Catat Rekor Baru, Pengguna KRL Wilayah 6 Yogyakarta Capai 576 Ribu Orang Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

oleh
oleh
Penumpang KRL Solo-Yogyakarta catat rekor baru capai 576.619 orang | MettaNEWS / dok KRL

YOGYAKARTA, MettaNEWS – Sepanjang periode Lebaran total pengguna yang KAI Commuter atau KRL Wilayah 6 Yogyakarta yang dilayani mencapai 576.619 orang. Yang terdiri dari 501.065 untuk volume pengguna Commuter Line Yogya-Palur dan sebanyak 75.554 pengguna Commuter Line Prameks. Masa angkutan Lebaran 2024 KAI Commuter atau KRL selama 22 hari tercatat sejak H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, menurut data yang tercatat tren volume pengguna Commuter Line di wilayah 6 Yogyakarta pada masa Lebaran ini mengalami kenaikan jika dibanding volume masa Lebaran tahun sebelumnya. Total volume pengguna Commuter Line wilayah 6 Yogyakarta meningkat sebesar 16%. Jika dibanding dengan total volume masa angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 495.230 orang.

“Seperti yang kita ketahui bersama wilayah Kota Yogyakarta, Solo, Kutoarjo dan sekitarnya merupakan daerah tujuan para pemudik. Untuk peningkatan layanan, selama masa libur Lebaran kemarin KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta menambahkan sebanyak 6 jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi 30 perjalanan. Dan 4 jadwal perjalanan Commuter Line Prameks menjadi 12 perjalanan per harinya,” jelas Anne.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan tersebut, KAI Commuter mencatat rekor baru volume pengguna tertinggi Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks. Tercatat volume pengguna tertinggi Commuter Line Yogya-Palur yaitu sebanyak 40.729 orang. Dan Commuter Line Prameks sebanyak 6.082 orang, masing-masing terjadi di tanggal 13 April 2024.

“Stasiun Yogyakarta juga tercatat sebagai stasiun pemberangkatan dan kedatangan pengguna Commuter Line terbanyak. Masing-masing berjumlah 143.770 orang dan 143.903 orang pengguna,” ujarnya.

Sementara itu, selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga mencatatkan rata-rata ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan seluruh perjalanan Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta. Rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Yogya-Palur sebesar 97%. Dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 90%. Sedangkan untuk rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line Prameks sebesar 83% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 94%.

“Keberadaan transportasi publik khususnya kereta api Commuter Line pada masa angkutan Lebaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempermudah mobilisasi. Masyarakat dapat leluasa menggunakan Commuter Line untuk mobilisasi antar kota. Dengan keunggulan harga tiket yang terjangkau, jarak tempuh yang terprediksi serta dapat terhindar dari kemacetan di jalan,” ungkap Anne.

Anne menyampaikan, selama masa angkutan Lebaran 2024 kemarin, KAI Commuter juga terus meningkatkan layanan kepada penggunanya. KAI Commuter menyediakan fasilitas air minum gratis di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Palur. Selain itu untuk meningkatkan kenyamanan pengguna di Stasiun Yogyakarta juga disediakan fasilitas toilet portable dan perluasan musala, serta menambahkan layanan pos kesehatan di Stasiun Palur.

“Tambahan fasilitas layanan lainnya juga kami tingkatkan. Mewarnai Idul Fitri tahun ini di stasiun-stasiun besar menghadirkan tematik Idul Fitri 1445 H di area stasiun, penambahan signage dan penambahan kursi tunggu. Penambahan petugas layanan Customer Service untuk layanan pengguna juga disediakan,” imbuhnya.

KAI Commuter lanjut Anne, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna Commuter Line dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang membantu mensukseskan Angkutan Lebaran 2024 ini terlaksana dengan baik.