54 Grup Kirab Festival Hadrah Peringatan Isra Miraj Ramaikan HUT ke-278 Kota Solo

oleh
Festival
Kirab Festival Hadrah peringatan Hari Israj Miraj dan HUT ke-278 Kota Solo, Sabtu (18/2/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Menyambut Hari Raya Isra Miraj sekaligus rangkaian Hari Ulang Tahun ke 278 Kota Solo, Pemkot Solo menggelar Festival  Hadrah, Sabtu (18/2) pagi.

Festival Hadrah berlangsung dengan Kirab Hadrah mulai dari Plaza Sriwedari yang oleh 54 grup Hadrah dari 54 Kelurahan, Instansi Pemerintah, Organisasi Islam, Forum Hadrah Surakarta, hingga masyarakat Umum.

Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Aryo Widyandoko, Pimpinan PB NU Kota Solo ,serta Jajaran OPD Pemkot Solo memberangkatkan rombongan kirab dari Plaza Sriwedari.

Dalam sambutannya, Ahyani mengapresiasi seluruh peserta yang memeriahkan Festival Hadrah 2023. Ia juga meminta doa kepada seluruh peserta agar banjir di sebagian daerah Kota Solo segera surut.

“Mohon doa untuk saudara-saudara kita yang terkena banjir. Mudah-mudahan segera surut. Namun demikian acara ini bisa tetap terlaksana sebagai kalender event Kota Solo bertepatan dengan Isra Miraj. Insyallah tahun-tahun depan dapat terlaksana lebih baik dan meriah,” ujar Ahyani.

Ahyani menjelaskan Festival Hadrah merupakan salah satu kekayaan budaya di Kota Solo. Pihaknya akan terus melestarikan festival ini agar tahun demi tahun dapat terselenggara
semakin baik.

Usai diberangkatkan, rombongan kirab berjalan hingga ke halaman Balai Kota. Acara ditutup dengan Tausyah dari Habib Novel bin Muhammad Alaydrus dan doa bersama dari KH. Abdul Karim selaku pengasuh Ponpes Az-Zayadiyy.

Festival Hadrah dan 4 Agenda HUT ke-278 Kota Solo

Rangkaian Hari Jadi ke-278 Kota Solo cukup panjang. Dari 15-18 Februari 2023, rangkaian acara bermula dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ziarah ke makam leluhur.

Seperti Ki Gedhe Sala, Kyai Ageng Henis dan R. Ng. Yosodipuro pada Kamis (16/2/2023). Kemudian pada Jumat (17/2/2023) upacara HUT ke-278 Kota Solo di Solo Safari pukul 07.30 WIB. Lanjut Semarak Jenang Solo pukul 08.00 WIB di Kawasan Gatot Subroto Ngarsapura.

Pukul 15.00 WIB, digelar pula Kirab Boyong Kedhaton di halaman Balai Kota Solo. Kirab ini merupakan merupakan pertanda lahirnya Kota Solo, sekaligus menjadi simbol atas perpindahan kekuasaan dari Keraton Pajang menuju Kasunanan Surakarta.

Kemudian pada malam harinya terdapat Opera Adeging Kota Solo pukul 19.00 WIB di halaman Balai Kota Solo.

Pada Sabtu (18/2/2023) acara Hari Jadi berlanjut ke Festival Hadrah pada pukul 07.00 WIB di Plaza Sriwedari. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa rencananya akan membuka acara ini.

Sriwedari Fair 2023 ini berlangsung selama 2 pekan yakni 15 Februari-3 Maret 2023. Acara tersebut miliki kemeriahan seperti pasar rakyat dan UMKM Expo. Acara ini dihadiri sejumlah penyanyi pop dangdut Tanah Air. Sebut saja Guyon Waton, New Monata, Adelia dan OM Sera.