UMS Beri Pembekalan Berkarya untuk Umat pada 535 Calon Sarjana FKIP 

oleh
oleh
Wisuda FKIP UMS
Pembekalan pada calon wisudawan FKIP UMS | Foto : dok Humas UMS

SOLO, Metta NEWS – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pembekalan dan pelepasan calon sarjana dengan mengusung tema “Berkarya Untuk Umat” yang diselenggarakan di Auditorium M.Djazman Kampus 1 UMS, Kamis (16/12) . 

Ketua panitia pembekalan Dr. Miftakhul Huda menyampaikan jumlah peserta pembekalan ini 535 wisudawan dengan rincian dari Prodi Akuntansi (77), Prodi PKn (37), Prodi Bahasa Indonesia (69), Prodi Bahasa Inggris (95), Prodi Matematika (32), Prodi Biologi (69), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (66), Prodi. Pendidikan Anak Usia Dini (28),  Prodi Pend Geografi (17), Prodi Pendidikan Teknik Informatika (20), Prodi Pendidikan Olahraga (25).

Terdapat 4 Standar Kompetensi Guru yang wajib dimiliki di era digital yaitu Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik, Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal, Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik, kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Dekan FKIP UMS Prof.Dr. Sutama, berpesan pada wisudawan agar jangan bimbang dalam menghadapi persoalan dan di FKIP UMS ini terdapat ikatan alumni guna mempererat silaturahmi dan memperlebar informasi yang bermanfaat.

“Jangan bimbang menghadapi bermacam-macam persoalan, karena semakin dekat cita-cita kalian tercapai, maka akan semakin berat persoalan yang harus kalian alami. Yakinlah bahwa setiap persoalan pasti ada hikmah dan membuat kalian menjadi lebih dewasa dan ikutlah bergabung di ikatan alumni,” ungkap Prof. Tama. 

Selain itu juga Prof. Tama mengatakan perjuangan lulusan keguruan ke depan harus bisa mensinergikan idealisme dengan realita di lapangan. 

“Realita ini memerlukan kreativitas dan keterampilan lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan, serta peran kompetensi sosial dan interpersonal sangat penting,” tandasnya

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Sofyan Anif, berpesan dengan tren menurunnya perkembangan Covid ini, UMS mendapatkan peringkat 3 dari seluruh perguruan tinggi Islam terbaik dunia (UniRank) dan berpesan kepada alumni untuk tetap menjaga marwah dan nama baik almamater dengan menjadi guru yang memberikan inovasi dan kreativitas bagi siswa sekaligus dapat berprestasi ditingkat nasional dan internasional.

Sementara itu, dosen FKIP UMS Yasir Sidiq, menambahkan ada 4 bekal yang harus dibawa oleh para wisudawan ini. 

“Yaitu menjadi pemuda pemudi yang produktif (Be Productive), Having a good communication skill, Percaya diri dan jangan ragu melangkah, Ikhlas dalam bekerja (Bekerja lillah)bagi calon alumni FKIP UMS,” tutup Yasir Sidiq. 

No More Posts Available.

No more pages to load.