The B Andara City, Kerennya Perumahan dengan Arsitektur Negeri Sakura di Kawasan Benteng Pendem Yogyakarta

oleh
oleh
Pagoda The B Andara City
Perumahan The B Andara City hadirkan konsep perumahan berlatar sejarah | dok The B Andara City

YOGYAKARTA, Metta NEWS – Jarang atau mungkin belum ada developer pembangunan perumahan yang membangun pemukiman dengan latar belakang sejarah. Itulah yang ingin dilakukan oleh PT Andara Rejo Makmur yang membangun perumahan dengan mengambil tema sejarah. 

Kawasan perumahan The B Andara City Purworejo ini dibangun dengan tema dan mengambil latar belakang sejarah penjajahan Jepang. Dibangun di kawasan Benteng Pendem dengan arsitektur Negeri Sakura yang dilengkapi masjid bergaya Pagoda. 

Pemukiman yang berjarak tempuh sekitar 5 menit dari Bandara Internasional Kulonprogo Yogyakarta itu mengambil lokasi di kawasan Benteng Pendem agar kawasan itu tidak dilupakan sebagai titik penting sejarah Bangsa Indonesia di kawasan Purworejo dan sekitarnya. 

“Kami ingin memadukan pemukiman dan sejarah. Tak sekedar membangun rumah tetapi ada upaya untuk mengingat nilai kesejarahan perjuangan bangsa serta melestarikan kawasan wisata Benteng Pendem yang sering terlupakan. Maka kawasan ini akan kami permak agar terlihat semakin menarik dengan tambahan pemukiman dan Masjid Pagoda,” kata Direktur Bisnis and Development, PT Andara Rejo Makmur, Indra Tirta Sutarto.

Benteng Pendem Kalimaro, di Desa Bapangsari Purworejo, Jateng merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang. Benteng dibangun sebagai pusat pertahanan dan pelatihan perang parit tentara Jepang kala itu. 

Dibangun di atas perbukitan Menoreh pada tahun 1942, total banteng berjumlah 11 bangunan dan terletak di tiga desa yakni Desa Bapangsari, Desa Dadirejo dan Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jateng. 

Developer Andara Rejo Makmur bermaksud merevitalisasi kawasan tersebut yang kini menjadi kawasan wisata sejarah, dengan menambahi sejumlah fasilitas diantaranya Pagoda yang juga berfungsi sebagai menara pandang ke pantai, lalu serta menambah kawasan permukiman agar kawasan tersebut makin terlihat ramai dan tidak suram. 

“Dengan adanya pemukiman yang sengaja kami pilih di kawasan wisata ini, maka akan menjadi daya tarik dan suasana tambah rejo (makmur),” tambah Indra. 

Dikatakan Indra, berdekatan dengan kawasan wisata Benteng Pendem itu, developer The B Andara City akan membangun Pagoda Jepang dengan 3 lantai. Lantai pertama digunakan untuk masjid, sedangkan lantai 2 dan 3 difungsikan sebagai gardu pandang dengan pemandangan laut Pantai Selatan (Pansela). 

“Nantinya setelah selesai kami bangun, kedepannya Pagoda Jepang 3 lantai itu akan kami serahkan kepada pemerintah daerah Purworejo. Mungkin pengelolaannya dilakukan desa setempat sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat daerah setempat,” kata Indra Tirta. 

Perumahan The B Andara City yang berada di lokasi kawasan Benteng Pendem Jepang itu berdekatan dengan Bandara Internasional Kulon Progo Yogyakarta. 

“Meski titiknya ada di Purworejo, tetapi dekat dengan Kulon Progo Yogyakarta. Dari Bandara Internasional hanya berjarak tempuh sekitar 5 menit,” katanya.

Indra menambahkan, perumahan bergaya arsitektur Jepang di kawasan bersejarah Benteng Pendem ini ditawarkan mulai dari Rp 250 juta an per unit. Tipe yang ditawarkan adalah tipe 40, 50 untuk satu lantai dan tipe 90 untuk rumah dua lantai dengan luasan tanah 62 m2 dan 80 m2. 

Pada setiap rumah terdapat tanaman Tabebuya sebagai ciri tanaman dari Negeri Sakura sehingga memberikan nuansa Jepang. Selain itu juga terdapat fasilitas pelayanan publik. 

Indra Tirta yakin kedepan wahana wisata Benteng Pendem Kilimanjaro dan lokasi sekitar perumahan akan berkembang pesat karena berada 5 menit dari Bandara Internasional Yogyakarta. 

“Agar kawasan Benteng Pendem berembang, maka harus ada upaya semua pihak untuk mengembangkan kawasan ini salah satunya dengan menambah fasilitas pemukiman dan pelayanan publik. Apalagi di sekitar bandara sudah mulai terlihat beberapa pembangunan hotel berbintang, rumah sakit, perguruan tinggi sehingga harapannya membawa dampak pertumbuhan ekonomi bagi wilayah sekitar, “ tandasnya. 

Untuk pemasaran The B Andara City, pihak developer merangkul banyak pihak atau mitra baik di daerah maupun di kota besar dengan melengkapi mitra dengan fasilitas aplikasi untuk memudahkan dan lebih transparan.