SD Muh PK Kottabarat Solo Gelar Halalbihalal, Hadirkan Pendongeng

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Sebanyak 451 murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengikuti kegiatan halalbihalal yang berlangsung di Masjid Kottabarat, Jl. Dr. Moewardi No.24, Purwosari, Laweyan, Kota Solo, Rabu (17/4/2024).

Halalbihalal mengangkat tema “Dengan Spirit Kemenangan, Tingkatkan Prestasi di Masa Depan”. Acara Halalbihalal ini menghadirkan seorang pendongeng, Muhammad Amin, atau akrab disapa Kak Amin. Yang memberi nuansa berbeda dan keceriaan kepada para murid tanpa mengurangi tujuan dan esensi dari kegiatan halalbihalal.

Kepala Urusan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (Ismuba), Tati Kuraesin, menyampaikan kegiatan halalbihalal ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Ramadan 1445 Hijriah.

“Halalbihalal memiliki makna saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi. Harapannya kegiatan ini tidak hanya menjadi tradisi pascalebaran Idulfitri. Tetapi dapat meningkatkan nilai-nilai religius serta spiritual para murid,” terangnya.

Kegiatan inti halalbihalal dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk kelas I, II, dan III yang berlangsung pada pukul 08.00 – 09.00 WIB. Dalam dongengnya, Kak Amin menyampaikan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua. Dan akibat yang akan dirasakan apabila durhaka kepada keduanya.

Banyak doorprize yang dibagikan setiap sesinya untuk menambah semangat dan antusias para murid. Dengan mengangkat jempol dan berbaris rapi, para murid berlomba-lomba menjawab pertanyaan dari Kak Amin.

Salah satu murid kelas III, Azka Al Zabran Kusmadhiyah, merasa senang dapat mengikuti kegiatan halalbihalal tahun ini.

“Kak Amin sangat lucu dan seru saat menyampaikan dongengnya. Kita diajak bernyanyi tentang sifat-sifat Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw. sebelum acara dimulai,” ucapnya.

Sesi kedua diperuntukan kelas IV, V, dan VI. Sesi kedua dimulai pada pukul 09.00 – 10.00 WIB. Setiap sesinya akan disajikan topik yang berbeda sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan para murid.

Materi yang dibawakan Kak Amin dalam sesi kedua mengenai kunci surga dengan bahagia. Yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 23-25 yang isinya tentang larangan menyembah selain Allah Swt. dan memuliakan kedua orang tua.

“Menurut wasiat Imam Al Ghazali, ada enam hal yang harus kita ingat dalam hidup, yaitu sesuatu yang paling dekat, paling jauh, paling besar, paling berat, paling ringan, dan paling tajam,” jelas Kak Amin saat memberikan materi di sesi kedua.

Akhir kegiatan halalbihalal dengan pembagian hadiah lomba Ramadan 1445 Hijriah. Dan pemberian penghargaan kepada para murid yang telah mengisi kuliah tujuh menit (kultum) selama bulan Ramadan menjelang berbuka puasa di kanal YouTube SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Tak lupa, sebelum meninggalkan lokasi acara para murid saling bersalaman dan meminta maaf kepada para guru. Senyum lebar dan suasana penuh haru terlihat ketika para murid berjajar dengan rapi dan mengantre untuk berjabat tangan dengan teman sebaya, kakak, serta adik kelas.