Persis Kemungkinan Besar Pakai Stadion Sriwedari untuk Jamu Arema FC di Liga 1

oleh
Venue Piala Dunia U-20
PSSI tinjau venue latihan pemain Piala Dunia U-20 Stadion Sriwedari Solo, Minggu (12/3/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Persis Solo kemungkinan besar akan menggunakan Stadion Sriwedari saat berhadapan dengan Arema FC pada lanjutan Liga 1 2023/2024 pekan ke 5, Minggu (30/7/2023).

Pertandingan tersebut lantaran stadion Manahan Solo akan dipakai untuk konser Dewa 19 pada tanggal 29 Juli malam. Sehingga Stadion membutuhkan waktu jeda untuk perawatan.

Pengunaan Stadion Sriwedari juga telah tertera pada jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke 5 yang telah terpublikasi di laman web ligaindonesiabaru.com.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menerima surat pengajuan izin pertandingan tersebut dari Manajemen Persis Solo.

“Sudah mengajukan izin. Sudah kami lakukan pemeriksaan sudah izin ke Kapolresta juga,” ujar Rini, Senin (24/7/2023).

Rini menuturkan, pertandingan Persis vs Arema di Stadion Sriwedari nantinya akan berlangsung tanpa penonton mengingat kondisi stadion yang tidak standar untuk menggelar pertandingan Liga 1 musim 2023/2024.

“Tapi tanpa penonton. Karena tidak masuk untuk SOP keamanannya. Karena tribunnya terbuka,” jelas dia.

Rini juga membenarkan jika stadion Manahan membutuhkan jeda antara pengguna pertama dan kedua. Karena terdapat sejumlah teknis perawatan lapangan pra dan pascaevent yang harus terpenuhi .

“Kalau event kami minta dari pengguna harus menutup rumput. Untuk penutupan rumput maksimal 3 hari sesuai rekom PUPR. Sebelum penutupan rumput kami pupuk dulu. Setelah selesai mereka langsung bongkar. Pertama kali pembongkaran adalah grass cover. Setelah itu kami pupuk lagi dan kita pelihara lagi. Harus ada jeda antara pemakai pertama dan kedua,” tukasnya.